Wednesday, September 14, 2022

Berhenti Langganan Zoom

Semenjak bulan April 2020, kita berlangganan aplikasi Zoom untuk digunakan meeting SGN Group dan untuk digunakan webinar bagi Surabaya Study Group - IPOMS Chapter Surabaya. Setelah 1 tahun yaitu pada tahun 2021 kemudian Zoom tersebut kita perpanjang lagi karena masih dibutuhkan.

Lalu di tahun 2022 saat pandemi Covid-19 sudah berangsur-angsur turun, aktivitas melalui online juga berkurang cukup signifikan.

Oleh karena itu kita tidak berniat memperpanjang langganan aplikasi Zoom tersebut. Namun ternyata beberapa bulan kemudian tagihan tersebut tetap masuk ke kartu kredit ku. Sehingga tagihan ini harus dibayar dulu, setelah itu baru kita lakukan upaya untuk refund. Hal ini dikarenakan kesalahanku sendiri, karena seharusnya aku melakukan pembatalan langganan Zoom.

Untuk itu aku berusaha membatalkan langganan Zoom meski sudah terlanjur berlangganan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut,

  1. Buka akun Zoom Anda melalui browser
  2. Klik Account Management 
  3. Pilih Billing
  4. Pada tab Current Plans, pilih Cancel Subscription
  5. Muncul kotak untuk mengonfirmasi pilihan tersebut
  6. Berikan alasan kenapa ingin membatalkan langganan
  7. Klik Submit untuk menyelesaikan

Langkah ini hanya membatalkan sehingga status Zoom akan muncul Canceled. Namun hal ini masih belum mengembalikan dana yang sudah kita bayarkan. Oleh karena itu kita harus melakukan upaya refund.

Untuk itu aku menghubungi Management Zoom melalui email.

Sun, Sep 4, 10:07 PM

Cancel Subscription & Refunds for paid plans. I just canceled the subscription because for now our activities rarely use zoom meetings. And please help for refunds for paid packages. Hopefully in the future if possible we can return to using Zoom services.

Best & regards

Ternyata Management Zoom cukup kooperatif, dengan membalas emailku. Cuma sayangnya aku yang terlambat respon. Sehingga mereka mereply kembali emailku. Lalu sesegera mungkin aku menjawab dari respon positif mereka.

Sep 13, 2022, 10:28 PM

Hi, thanks for your response

Actually I didn't renew my zoom account subscription, but it's auto subscribe without any confirmation first. So it's not fair if the fee is charged to me. So please approve my refund request.

Thanks

Dan sekali lagi mereka memberikan fast respond dan memberikan jawaban yang sangat positif.

Sep 14, 2022, 4:42 AM

Hi,
Thank you very much for your help.
Best regards

Dan akhirnya usaha tidak sia-sia. Proses refund disetujui dan beberapa waktu kemudian dana refund telah kembali.

Alhamdulillah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts