Monday, December 4, 2023

Pipe Cleaner

Setelah mencoba 3-4 kali menggunakan soda api, ternyata gagal, selokan air masih mampet. Artinya solusi untuk melancarkan saluran ait selokan harus menggunakan cara lain. Setelah meng-google ketemu 1 cara yang perlu dicoba, yaitu menggunakan pipe cleaner

Sebelum menggunakan pipe cleaner, aku juga mencoba menggunakan alat penyedot kloset. Caranya mudah, setelah lepas saringan di saluran air, lalu tempelkan mulut karet plunger ke saluran. Bila karet sudah menempel dengan baik, lakukan penyedotan secara maksimal. Tekan alat secara berkala hingga kotoran yang menumpuk keluar dari saluran air. Buang dan bersihkan kotoran tersebut supaya tak terjadi penyumbatan lagi. Namun ternyata selokan masih mampet.

Pipe Cleaner merupakan cara terakhir yang aku pakai untuk mengatasi saluran air yang tersumbat. Alat ini diciptakan khusus untuk melancarkan selokan yang mampet. Kita bisa memilih alat yang bisa diputar manual yang tentunya memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan menggunakan tenaga mesin. 

Caranya cukup mudah, dan cukup banyak tutorial yang bisa kita lihat di video youtube. Pertama-tama masukkan pipe cleaner atau kawat kedalam saluran kemudian putar pipanya dengan memutar gagang pipa, setelah dirasa sudah cukup lalu tarik kembali kawat. Dan lihat hasil kotoran yang didapatkan.

Setelah mennggunakan 4-5 kali dari selokan dari arah dalam kamar mandi, lalu dilanjutkan lagi menggunakan 4-5 kali lagi dari pipa selokan luar rumah, akhirnya semua kotoran dalam pipa selokan bisa dikeluarkan semua.

Dan akhirnya air bisa keluar dengan lancar kembali.

Alhamdulillah.


No comments:

Post a Comment

Related Posts