Saturday, December 2, 2023

Soda Api (2)

Setelah hampir 1 tahun lebih sesudah pertama kali menggunakan soda api untuk melancarkan saluran air di selokan dalam rumah, ternyata kali ini ngadat lagi. Mampet lagi. Langsung saja aku pergi ke toko bangunan terdekat untuk membeli soda api alias Sodium Hidroksida (NaOH).

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet cukup mudah, namun kita tetap harus hati-hati, karena soda api merupakan senyawa yang bersifat korosif, bisa memicu panas dan dapat menyalakan bahan yang mudah terbakar. Bahkan paparan soda api juga bisa memicu kulit terbakar dan menyebabkan kerusakan organ jika tertelan.

Untuk itu pertama-tama kita harus memastikan ruangan aman dan sebaiknya tempat tersebut merupakan ruangan terbuka. Dan pastikan juga jauh dari jangkauan anak dan hewan peliharaan.

Kemudian berikutnya yang perlu diperhatikan adalah gunakan alat pelindung, seperti sarung tangan, kacamata, dan masker.

Lalu langkah selanjutnya adalah larutkan 750 mililiter soda api dengan sekitar 3 liter air dingin. Gunakan wadah yang tak biasa digunakan untuk memasak. Aduk hingga rata menggunakan spatula kayu, jangan menggunakan tangan. Saat soda api tercampur dengan air, maka akan muncul suara desis dan uap panas.

Masukkan larutan ke dalam saluran, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, siram saluran dengan air mendidih.

Selamat mencoba.


Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231115210639-284-1024811/cara-menggunakan-soda-api-untuk-saluran-mampet-jangan-sembarangan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts