Saturday, December 30, 2023

Buku Bekas Lebih Berharga daripada Buku Bajakan

Adegan film AADC saat Rangga mengajak Cinta menelusuri tumpukan buku di kawasan Kwitang cukup ikonik. Buku yang menjadi awal kisah tersebut adalah buku lawas ‘AKU’ karya sutradara Sjuman Djaya yang mengisahkan sastrawan Chairil Anwar. 

Di daerah Senen, Jakarta Pusat ini memang dikenal sebagai pasar buku baru dan bekas, dimana ratusan pedagang buku yang memenuhi setiap jengkal ruas jalan Kwitang Raya hingga Kramat Raya.

Buku bekas yang masih layak baca, selain mempunyai harga yang murah juga lebih menarik dengan adanya catatan dari poin-poin buku yang dibuat pemilik sebelumnya. Buku bekas juga menjadi pilihan karena dapat mengurangi penebangan pohon untuk pembuatan buku baru.

Dulu, toko buku bekas ramai untuk mencari buku pelajaran anak sekolah, dan mahasiswa berburu buku guna menunjang materi perkuliahannya. Selain itu juga buku jenis novel atau pengembangan diri yang punya segmen tersendiri. 

Selain di Kwitang, buku bekas juga bisa kita temui di di lantai basement Blok M Square, tepatnya di Blok E Basement Blok M Square. Basement Blok M merupakan tempat yang sangat nyaman untuk berburu buku bekas. Bagaimana tidak, tempat ini dilengkapi dengan pendingin AC sehingga terasa sejuk dan bikin betah seharian berburu buku.

Soal harga, tentu bisa diadu dengan pasar buku bekas di kota lain. Buku-buku bekas di basement Blok M dijual dengan harga yang standar, bahkan bisa jadi lebih murah jika kalian piawai dalam menawar. Basement Blok M bisa kalian kunjungi pada jam 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.


Toko buku bekas juga terdapat secara daring (dalam jaringan) atau online melalui platform e-commerce. Agar mampu bertahan di dunia buku bekas, kuncinya adalah dengan mengetahui keinginan pasar dan juga menawarkan harga murah.

Toko buku bekas, sempat berjaya di era 80-90-an, namun kini mulai terlupakan, yang tersisa sekarang tinggal segelintir pedagang dan sedikit pelanggan lama yang masih setia mengais ilmu pengetahuan di antara tumpukan buku. 


Bagi pecinta buku, buku bekas lebih berharga dibandingkan buku bajakan. Hal ini menjadi salah satu cara mendukung penulis selain membeli buku asli adalah melawan pembajakan buku. Ciri buku bajakan pertama dalah harganya jauh lebih murah, yaitu harganya bisa turun sampai 70-80 persen, lalu di deskripsi produk terdapat kata-kata reprint, repro, atau selalu tersedia.

Datang ke toko buku bekas dan pameran buku bekas seperti sedang melakukan perjalanan mencari harta karun. Yaitu saat bisa menemukan buku langka. Karena terkadang buku keluaran lama, unik dan langka, edisi pertama, antik, atau sudah tidak dicetak lagi dapat dengan mudah ditemui di toko buku bekas.

Kali ini, buku bekas menjadi objek bisnis yang belakangan ini banyak dilirik. Tips untuk buka toko buku bekas, pertama adalah menentukan target pasar yaitu genre buku apa akan dijual, apakah buku dengan bahasa Indonesia atau bahasa asing, apakah buku materi pelajaran atau komik dan novel.

Kemudian buat konten agar menarik minat masyarakat sebagai langkah pemasaran bisnis. Pilah dan pilih buku dengan memperhatikan kualitas buku agar memiliki kondisi yang baik dan layak. Jika ada kekurangan atau kerusakan tulis kondisinya sejujur mungkin baik dalam deskripsi.

Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok sebagai tempat promosi untuk toko online di marketplace toko buku bekas kita. Sehingga hal ini akan mempermudah calon pembeli untuk mendapatkan buku yang dicari.

Contoh toko buku bekas online adalah Galaksi Bookstore.

Setelah nantikan penjualan 1.000.000 pertama, lalu 10 juta pertama dan seterusnya.

Contoh toko buku bekas yang bisa datangi adalah Bookstore BIMO, atau TB BIMO yang berlokasi di Jalan Semarang No.45, Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya, East Java 60173. Toko buku BIMO menjual berbagai buku secondhand yang kamu butuhkan Pins. Lokasi dari BIMO bookstore ini ada di sebelah taman makam umum Tembok. 

Tidak jauh dari TB BIMO, juga ada Toko Buku Sumber Ayyu Abadi, Jual Beli Buku Baru dan dan Bekas berkualitas yang juga berada di Jalan Semarang Surabaya 60173 di Tembok Dukuh.



Buku :

https://www.kompas.id/baca/gaya-hidup/2021/06/21/ppasar-buku-bekas-riwayatmu-kini

https://www.alinea.id/bisnis/toko-buku-bekas-terlibas-disrupsi-dan-tantangan-literasi-b2hNw9KTP

https://plus.kapanlagi.com/7-pasar-dan-toko-buku-bekas-di-berbagai-kota-besar-jual-buku-buku-murah-tapi-berkualitas-a70f7e.html?page=8

https://rakyatbengkulu.disway.id/read/629941/helen-sapitri-43-bertahan-hidup-dengan-buku-bekas

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5286048/praktik-jual-beli-buku-bekas-alternatif-untuk-melawan-eksistensi-buku-bajakan?page=5

https://unair.ac.id/post_fetcher/fakultas-vokasi-buku-bekas-menjadi-peluang-bisnis-yang-banyak-dilirik-3/

https://www.pinhome.id/info-area/toko-buku-di-surabaya/

No comments:

Post a Comment

Related Posts