Saturday, January 20, 2024

Gowes ke Desa Leran Gresik

Gowes hari Sabtu, tanggal 20 Januari 2024 ini menjadi flashback kembali mundur ke tanggal 6 Juni 2020, saat Gowes ke Gresik Menyambut Era New Normal. Yaitu waktu itu kita gowes bareng ke makam Siti Fatimah binti Maimum. Makam Siti Fatimah binti Maimun terletak di Dusun Leran, Desa Pesucian, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. 


Siti Fatimah Binti Maimun, atau dikenal dengan sebutan Putri Retno Suwari, lahir di Malaka pada 1064 Masehi. Ayahnya bernama Maimun (bergelar Sultan Mahmud Syah Alam) dan berasal dari Iran. Sedangkan ibunya bernama Siti Aminah dan berasal dari Aceh. 

Maimun merupakan sepupu dari Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik), karena itu Siti Fatimah Binti Maimun merupakan keponakan langsung dari Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Siti Fatimah datang ke tanah Jawa atas perintah Syekh Maulana Malik Ibrahim untuk menyebarkan Islam. Syekh Maulana Malik menginjakkan kaki di tanah Jawa sekitar tahun 1079-1080, sedangkan Siti Fatimah menyusul kemudian pada tahun 1081. Saat datang ke tanah Jawa, Siti Fatimah Binti Maimun masih berusia 17 tahun.

Siti Fatimah wafat akibat wabah penyakit yang menyerang daerah Leran dan sekitarnya kala itu. Siti Fatimah wafat pada 7 Rajab 475 Hijriyah (2 Desember 1082 M) atau saat masih beusia 18 tahun.


Dari situs makam Siti Fatimah Binti Maimun, kita lanjut gowes ke Telogo Dowo atau Telaga Panjang. Tlogodowo berada di bekas tambang Semen Gresik. Tempat tersebut merupakan lahan bekas tambang PT Semen Gresik anak perusahaan PT Semen Indonesia. Lokasi tepatnya berada di Jl. Rajawali Gn. Malang, Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.


Dan terakhir, gowes edisi perdana di tahun 2024 ini kita akhiri dengan menyantap soto. Mantap


Sumber :

https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/kisah-siti-fatimah-binti-maimun-pendakwah-islam-di-jawa-abad-ke-11-m-1rD0a30opdK/full

No comments:

Post a Comment

Related Posts