Thursday, January 18, 2024

Persiapan Seleksi Administrasi

Menjelang tahun ajaran 2023/2024, agar bisa lolos menjadi siswa ke sekolah jenjang lanjutan kita harus memenuhi semua persyaratan dan menjalani beberapa tahapan seleksi. Beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bisa diterima, yaitu diantaranya:

  1. Mengerti persyaratan pendaftaran, prosedur, tenggat waktu, termasuk syarat dokumen yang dibutuhkan dan jadwal tes.
  2. Persiapkan dokumen dengan baik, kumpulkan dan siapkan semua dokumen yang diperlukan dengan cermat. Misalnya rapor, sertifikat prestasi, surat rekomendasi, sertifikat IQ, dan dokumen lain yang diminta.
  3. Tingkatkan akademik, karena sekolah jenjang lanjutan akan mencari yang berkualitas dan siswa-siswa unggulan. Manfaatkan waktu ini untuk belajar dengan baik. 
  4. Siapkan diri untuk serangkaian tes, mulai dari tes akademik, psikologi, dan kesehatan. Cari sumber belajar, mengambil contoh soal, dan berlatih secara rutin. 
  5. Selain punya prestasi di bidang akademik, persiapkan jiwa kepemimpinan dan prestasi siswa, dan pastikan kamu menonjolkan prestasi akademik maupun non-akademik pada aplikasi dan tes.
  6. Siapkan esai dengan baik tentang leadership atau pendidikan guna kesempatan untuk menunjukkan minat dan bakatmu. 
  7. Persiapan wawancara/persiapkan diri dengan baik. Berlatihlah menjawab pertanyaan dengan percaya diri dan tampilkan kepribadianmu yang positif. 
  8. Tunjukkan kepribadian yang baik, sikap yang positif, sopan, dan bersemangat, agar menjadi kesan yang baik kepada para penilai. 
  9. Berdoa dan tetap tenang.

PESERTA : 4790 > 2072

Sebelum : Sosialisasi SMA Pradita

Setelah : Tes Akademik


Sumber :

https://praditadirgantara.sch.id/id/10-tips-untuk-membantumu-lolos-diterima-jadi-siswa-di-sma-pradita-dirgantara/

https://edukasi.kompas.com/read/2023/08/20/152427171/10-tips-lolos-jadi-siswa-sma-pradita-dirgantara?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts