Tuesday, September 24, 2013

Adem (Acute Disseminated Encephalomyelitis)


The Invasion adalah film sains fiksi tahun 2007 tepatnya dirilis pada tanggal 17 Agustus 2007 di Amerika Serikat, memperoleh keuntungan sebesar $39,801,733. Film ini merupakan pembuatan kembali film tahun 1956, Invasion of the Body Snatchers. 

Nonton film The Invasion yang dibintangi oleh Nicole Kidman dan Daniel Craig serta disutradai oleh Oliver Hirschbiegel terdapat istilah yang menarik, yaitu Adem.


Berikut ini penjelasan tentang Adem (Acute Disseminated Encephalomyelitis) yang dilansir dari http://www.klikdokter.com.

Acute disseminated encephalomyelitis (ADEM) merupakan suatu peradangan pada serat saraf  yang menyebabkan terjadinya demielinasi, yaitu hilangnya lapisan mielin serat saraf yang berfungsi untuk melindungi serat saraf, sehingga timbul gangguan dalam menyalurkan impuls saraf. 

ADEM biasanya terjadi setelah suatu infeksi virus atau vaksinasi.  Pemberian kortikostroid dosis tinggi merupakan suatu terapi yang sangat tepat bagi penderita ADEM untuk mengatasi peradangan yang terjadi. Dengan terapi yang tepat,  sebagian besar pasien ADEM dapat sembuh dan mengalami pemulihan total. 

Penderita ADEM tidak memerlukan antibiotik dalam penyembuhannya karena ADEM tidak disebabkan oleh infeksi bakteri.



Sumber gambar : http://brain.oxfordjournals.org