Tuesday, September 24, 2013

Batuk Kronis : Batuk Tidak Kunjung Sembuh


Menentukan jenis penyakit batuk tanpa melakukan pemeriksaan yang detail terhadap pasien tidaklah mudah. 


Batuk berdahak dan pilek, dengan durasi lebih dari delapan minggu, dikategorikan sebagai batuk kronis. Terdapat beberapa jenis penyebab batuk berdahak yang kronis, seperti bronkitis kronis, asma, infeksi jamur pada paru-paru, sinusitis kronis, rhinitis alergi kronik, TBC, emfisema, dan banyak lagi. 


Perbedaannya biasanya pada gejalanya, seperti dahak; warnanya, padat-cairnya, kapan keluarnya paling banyak, bercampur darah atau tidak, dan seterusnya. Begitu juga pileknya, apakah selalu menyertai batuk, ataukah muncul pada waktu tertentu, semisal saat pagi, berdebu, atau kelelahan.


Jika memang batuk yang Saudara derita murni adalah batuk kronis, bukan dari jenis batuk akibat infeksi virus saluran pernafasan akut yang menyisakan batuk setelahnya, kemungkinan Saudara memerlukan pemeriksaan foto roentgen dada untuk memperoleh gambaran keadaan paru-paru yang lebih baik.


Diagnosis yang baik adalah langkah awal untuk memulai pengobatan dengan maksimal, baik dengan terapi konvensional maupun terapi seperti herbal, bekam, dan gurah. Diharapkan juga dengan diagnosis ini, penggunaan obat-obatan dapat ditekan seminimal mungkin, dan tepat guna.


Penyebab batuk berkepanjangan yang paling umum terjadi di masyarakat terdapat 8 kondisi yang dapat menyebabkannya, yakni:


Common Cold


Kondisi ini terjadi karena ada virus yang kemudian menyebabkan pilek. Virus itu disebut rhinoviruses. Hal ini terjadi karena untuk menjaga tubuh dari serangan dingin, sistem kekebalan tubuh kita meningkatkan sekresi lendir. Kemudian, membuat hidung Anda beringus. Kelebihan cairan dan lendir ini pada gilirannya dapat menyebabkan batuk.


Merokok


Merokok merupakan salah satu penyebab batuk yang paling umum. Batuk menunjukkan adanya benda asing di saluran pernapasan. Dalam kasus perokok, benda asing itu adalah bahan kimia berbahaya yang berasal dari rokok.


Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok karena merokok merupakan penyebab batuk kronis.


Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)


GERD merupakan penyakit yang berasal dari lambung serta kerongkongan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika asam lambung naik hingga ke kerongkongan akibat katup yang lemah. Gejala umum dari GERD ialah batuk yang bersamaan dengan nyeri dada dan sesak napas.


Sinusitis


Sejauh ini, penyebab batuk kronis yang paling sering terjadi ialah sinusitis. Sinusitis ialah kondisi di mana seseorang menderita peradangan atau infeksi pada salah satu atau lebih rongga sinus. Penyebab sinusitis adalah infeksi bakteri, alergi dan penyumbatan hidung.


Batuk rejan atau pertusis


Batuk rejan merupakan batuk yang disebabkan oleh bakteri dan disertai dengan demam, hidung meler, batuk terus menerus yang membuat seseorang sulit bernapas. Ketika menghirup udara ke paru-paru saat batuk dapat menghasilkan suara khas rejan yang bernada tinggi. Pada kondisi awal banyak orang yang tidak mengalami demam, tapi batuk kronis yang menyertai pertusis bisa berlangsung selama berminggu-minggu.


Sekarang mari kita cari tahu bagaimana cara menyembuhkan batuk kronis:


Berhenti Merokok

Merokok dapat menjadi biang terjadinya batuk, seperti yang disebutkan, batuk disebabkan karena adanya benda asing di tenggorokan. Kandungan bahan kimia pada rokok dapat kita sebutkan sebagai benda asing tersebut. Hindari juga asap rokok disekitar anda.

Perbaiki Pola Makan

Hindarilah makanan-makanan yang dapat menyebabkan batuk atau tidak sesuai dengan tenggorokan anda. Contohnya makanan gorengan dan berminyak, serta petai dan jengkol juga dapat berpengaruh.

Minum Obat yang Sesuai Jenis Batuk

kenali jenis batuk kamu berdahak atau tidak. Minumlah obat yang sesuai dengan jenis batuk anda tersebut, contohnya saja jika kamu batuk berdahak, tetapi menggunakan obat tidak berdahak, terkadang khasiatnya justru berbalik menjadi bertambah parahnya batuk anda.

Menghirup uap air panas

Hiruplah uap dari panci yang berisi air mendidih. kelembapan udara panas akan sedikit melegakan pernafasan anda dan mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

Banyak Beristirahat

Umumnya, batuk juga mudah menyerang ketika kekebalan tubuh anda melemah, istirahat lah yang cukup agar tubuh anda kembali segar untuk melawan batuk. Rentangkan kepala anda ke atas saat tidur, akan membantu melegakan pernafasan anda.

Mengkonsumsi Kencur

Tanaman kencur dapat membantu mengatasi gangguan pernafasan dan tenggorokan, campur dengan makananan atau minuman anda.

Sumber :

http://www.konsultasisyariah.com
http://life.viva.co.id
http://investigasiberita.blogspot.com