Tuesday, September 17, 2013

Perang Melawan Tikus


Beberapa cara memusnahkan tikus yang sudah ada di rumah kita adalah sebagai berikut:

1. Predator Alami, Kucing

Siapapun tahu bahwa tikus sangat takut dengan kucing. Oleh karena itu, memelihara kucing merupakan langkah yang tepat bila kita ingin mengusir tikus. Bila perlu, ajarai kucing peliharaan kita untuk memburu tikus.

2. Buah Mengkudu

Buah mengkudu disinyalir bisa mengusir tikus dari rumah kita. Caranya, letakkan buah mengkudu yang telah matang di tempat - tempat yang sering dilalui tikus. Nisacaya tikus akan kabur dengan sendirinya.

3. Suara Jangkrik

Suara jangkrik yang bernada tinggi tidak disukai tikus. Suara jangkrik bisa menggunakan jangkrik asli, atau rangakian elektronik yaitu berupa MP3 player. Tinggal download suara jangkriknya. Menurut pengalaman hanya efektif dalam hitungan minggu, karena setelah tikus sudah terbiasa maka akan tetap merajalela

4. Pengusir Tikus Ultrasonic.

Batas pendengaran tikus dan manusia berbeda, manusia tidak dapat mendengar batas suara ultrasonic, sehingga inilah yang dipergunakan oleh alat ini. Tikus sangat keberisikan sedangkan manusia tak mendengar apapun. Alat ini tidak disarankan jika ada peliharaan lain di rumah seperti hamster atau binatang lain yang peka suara ultrasonic. Seperti halnya suar jangkrik beberapa orang mengatakan alat ini tidak efektif lama, namun ada juga sebuah tips yaitu dengan menaikan lagi frekuensi ultrasonic untuk jangka waktu tertentu agar si tikus tidak bisa menyesuaikan diri.

5. Lem Tikus

Lem tikus adalah perkat khusus yang dibuat untuk menjebak tikus. Warnanya bening dan tidak berbau. Dapat menggunakan umpan ataupun dipasang jalur yang biasa dilewati tikus. Untuk memakainya Anda butuh lembaran yang kaku untuk mengoleskan lem tikus.

6. Kurungan tikus.

Kurungan tikus berupa seperti sangkar biasanya kotak dari bahan ram kawat atau sejenisnya, dengan memasang umpan di dalam. Bila tikus mengambil umpan dia tak dapat keluar lagi. Alat ini harus dicuci ulang saat akan menggunakan kembali.

7. Racun Tikus

Racun tikus tidak disarankan bila ada anak kecil. Kelemahan dari cara ini yaitu bila tikus mati di tempat yang sulit dijangkau di dalam rumah maka akan kerepotan sendiri dengan bau busuk dan cara membuangnya.

8. Menggunakan jepretan.

Jepretan disini yang aku maksud adalah perangkap tikus dari bahan pelat besi, dengan memakai umpan yang dipasang. Bila umpan tersebut dimakan (ditarik) oleh tikus, maka otomatis leher tikus akan terpukul dengan mengenai sisi tajam dibawah dan langsung mati. Cara ini praktis namun butuh kehati-hatian untuk memasang dan menaruhnya (jauhkan dari jangkauan anak kecil).


Sumber :
http://carapedia.com
diandono.blogdetik.com