Tuesday, September 3, 2013

Tenggorokan Sakit ketika Menelan


Radang tenggorokan atau pharyngitis, adalah suatu penyakit radang yang menyerang batang tenggorok. Penyakit yang kerap disebut radang tenggorok itu ditandai adanya penebalan/ pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan, ada bintik-bintik putih, disertai adanya rasa sakit menelan.

Penyebab radang tenggorokan adalah Virus, yaitu sel organisme yang dapat menginfeksi tubuh. Penyakit yang disebabkan oleh virus antara lain: batuk dan flu. Dan penyebab yang kedua adalah bakteri, yaitu mikroorganisme yang dapat menyebabkan sariawan serta bau mulut.


Gejala ringan yang mengawali radang tenggorokan sebagai berikut:

Berdehem, merupakan indikasi awal virus menginfeksi tenggorokan
Rasa gatal ringan, sudah menjadi ciri bahwa terjadi infeksi virus dan bakteri
Pada taraf ini bisa dilakukan pencegahan dengan ORODIN, agar virus dan bakteri dihadang untuk tidak dapat menginfeksi mulut dan tenggorokan.

Sangat cocok bagi Anda yang ingin tetap FIT dalam kesibukannya sehari-hari, karena virus dan bakteri yang masuk melalui makanan dapat dicegah pertumbuhannya seketika.

ORODIN—Antiseptik aman (bila tertelan), praktis dan ampuh untuk membunuh virus dan bakteri seketika, dapat digunakan   setiap hari kapan saja, terutama pada perubahan iklim yang ekstrim, semprotkan setiap 5x sehari (semprotkan kedalam   rongga tenggorokan).


Gejala radang tenggorokan

Mulai terasa sakit di leher
Sakit bila menelan
Pada taraf ini harus dilakukan pengobatan awal, yaitu dengan SP Troches, yang memiliki kandungan dequalinium chloride untuk mengatasi gejala.


Penyakit radang tenggorokan (infeksi)

Susah menelan, suara parau
Demam, karena reaksi infeksi yang disebabkan oleh virus, sehingga timbul peradangan yang  menyebabkan suhu tubuh naik
Bengkak di leher
Pada taraf ini baru dilakukan terapi pengobatan menggunakan antibiotik yang digunakan untuk mematikan perkembangan infeksi virus.

Sakit tenggorokan biasanya akan sembuh dengan sendiri, meski pada beberapa kasus ada yang berkembang menjadi serius. Namun Anda tidak perlu cemas. Ada beberapa cara pengobatan sederhana yang mungkin bisa Anda coba lakukan di rumah, seperti berikut ini:

1. Minum madu

Madu dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, meski sampai saat para ahli belum sepenuhnya memahami cara kerja dari makanan ini. Namun yang pasti, madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Cara penggunaannya: campurkan 1-2 sendok makan madu ke dalam secangkir air panas.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi radang pada tenggorokan. Kenapa? Karena garam dapat menarik air keluar dari membran sel, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat sakit tenggorokan. Cara menggunakannya: tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam untuk secangkir air hangat, dan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam.

3. Teh hijau

Sebuah riset menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menggunakan ekstrak teh hijau mengalami peningkatan respon imunitas karena mereka dapat mengeluarkan hormon interferon, yang mampu melawan virus. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menambahkan madu ke dalam secangkir teh hijau.

4. Cuka sari apel

Meski tidak bisa menemukan bukti ilmiah tentang cara kerjanya, tetapi banyak orang mempercayai khasiatnya. Cara menggunakan: Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air hangat, kemudian dikumur dan telan.

5. Pertimbangkan mengonsumsi vitamin D

Sebuah riset pada 2007 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen Vitamin D setiap hari tiga peluangnya lebih kecil mengalami gejala pilek dan flu. Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi vitamin ini, maka daya tahan tubuh akan membaik dan gejala sakit tenggorokan berkurang.

Perlu diingat, semua cara di atas sebaiknya dilakukan sebelum sakit tengorokan Anda parah.  Bila sakit tak kunjung membaik dalam tiga hari, saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

6. Perbanyak mengkonsumsi air mineral

Konsumsilah air mineral delapan gelas sehari, untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, mengkonsumsi air mineral juga dapat membantu penyembuhan radang tenggorokan yang dialami. Mengkonsumsi air mineral dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembab dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7.Mengkonsumsi teh hangat

Teh dikenal dengan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, hal ini di karenakan kandungan antioksidan dapat mencegah infeksi dan menjaga daya tahan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi teh dengan menambahakan madu ataupun jahe, agar tenggorokan terbebas dari bakteri.

8. Mengkonsumsi pisang

Buah pisang juga dapat membantu untuk meredakan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan tekstur buah lembut dan memudahkan penderita radang tenggorokan mudah menelan buah yang satu ini. Vitamin yang terkandung dalam pisang dapat membantu penyembuhan, seperti vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

9. Mengkonsumsi sup ayam

Selain dapat meredakan flu dan pilek, sup ayam berguna untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Anda dapat menambahkan wortel, lobak, kacang polong, seledri, atau lainnya untuk menambahkan khasiat sup ayam.

10. Makan permen pelega tenggorokan

Makanlah beberapa permen pelega tenggorokan dalam sehari. Makan permen pelega tenggorokan akan merangsang produksi air liur yang dapat menjaga tenggorokan anda tetap lembab. Permen pelega tenggorokan beda dengan permen-permen yang biasa dijumpai. Permen pelega tenggorokan memiliki bahan-bahan antibakteri dan yang lebih penting dapat mengurangi rasa nyeri tenggorokan. Berbagai macam merek pelega tenggorokan sudah bisa anda temukan dengan mudah di apotek hingga swalayan.

11. Minum obat batuk sirup

Obat batuk sirup yang biasa anda konsumsi ketika sedang batuk ternyata juga bisa anda terapkan pada sakit tenggorokan anda. Obat batuk sirup dapat mengurangi nyeri di tenggorokan untuk sementara waktu, namun demikian cukup efektif untuk mengusir ketidaknyamanan di tenggorokan. Dosisnya juga bisa anda samakan pada saat anda sedang batuk. Jika anda sedang bekerja, pilihlah obat batuk sirup yang tidak menyebabkan kantuk.


Sumber :
vivagenerik.co.id
health.kompas.com
melindahospital.com
artikelkesehatan99.com