Monday, October 3, 2016

Deepwater Horizon


Kisah Nyata

Deepwater Horizon adalah ultra-deepwater rig pengeboran minyak lepas pantai Transocean atau anjungan lepas pantai yang berdiri selama 9 tahun yang dibangun pada tahun 2001 di Korea Selatan oleh Hyundai Heavy Industries. Rig tersebut disewakan kepada BP sejak tahun 2001.

Pada bulan September 2009, rig direncanakan untuk mengebor sumur minyak terdalam dalam sejarah pada kedalaman vertikal 10.683 m.

Deepwater Horizon terletak sekitar 60 kilometer dari lepas pantai negara bagian Lousiana, AS. 

Pada tanggal 20 April 2010, terdapat panggilan mayday dari rig pengeboran Deepwater Horizon, di Teluk Meksiko karena terjadi ledakan saat melakukan pengeboran di Prospek Macondo. Tambang minyak lepas pantai Deepwater Horizon terbakar di lepas pantai Louisiana. 126 orang diperkirakan berada di atas rig Deepwater Horizon pada saat ledakan. Ledakan di rig yang menewaskan 11 kru.

Pada tanggal 22 April 2010 akhirnya Horizon Deepwater tenggelam, dan menyebabkan tumpahan minyak lepas pantai terbesar dalam sejarah AS dan menjadi bencana lingkungan terbesar buatan manusia di Amerika Serikat.

Kebocoran minyak Deepwater Horizon terjadi di Teluk Meksiko pada akhir Mei atau awal Juni 2010 dan merupakan tumpahan minyak terbesar di lepas pantai dalam sejarah AS. Sumber minyak adalah dari dasar laut 3,000 m di bawah permukaan.

Pada tanggal 20 April 2010, sejumlah gas keluar dari sumur dan meledak, menyebabkan 11 orang pekerja meninggal di tempat. Sebagian besar pegawai anjungan dievakuasi dengan perahu dan helikopter. Pada tanggal 22 April 2010, minyak bumi mulai keluar dari dasar laut di Deepwater Horizon.


Pada akhir bulan September 2016, kejadian malapetaka tersebut difilmkan dengan judul Deepwater Horizon.
Dalam film ini sering disebutkan BP. BP merupakan singkatan dari British Petroleum Exploration & Production Inc. yaitu operator atau pemegang konsensi blok yang terdapat sumur Macondo. BP adalah pemegang konsensi terbesar di laut dalam (deepwater) Teluk Meksiko Amerika.

Kejadian ini Transocean sebagai pemilik unit pengeboran minyak tersebut, Transocean mendapatkan penggantian asuransi yang mendatangkan profit bagi perusahaannya sebesar $270 juta.

Tumpahan minyak Deepwater Horizon berlangsung selama 57 hari, selama waktu itu 210 juta galon minyak tumpah ke Teluk Meksiko. Dan hingga tahun 2015, setelah 5 tahun berlalu dari kejadian ledakan dan luapan, kemilau minyak dari tumpahan masih terlihat di lepas pantai Louisiana.

Setelah melalui berbagai perdebatan dan persidangan, akhirnya pada tahun 2014 British Petroleum dinyatakan bersalah. Hakim Carl Barbier menyebut tindakan BP “sembrono”. Keputusan Hakim mengatakan 67% kesalahan terdapat di BP, 30% kesalahan ada pada Transocean, dan 3% berada di tangan kontraktor Halliburton karena dianggap lalai.




Kisah Film

Donald Vidrine pejabat teras British Petroleum mempunyai tanggung jawab di kilang migas lepas pantai bernama Deepwater Horizon, di kawasan Teluk Meksiko, Amerika Serikat. Dalam eksplorasi migas perusahaan induk BP memberikan subkontraktor kepada pihak lain.

Deepwater Horizon adalah pengeboran kilang minyak yang dikelola perusahaan Transocean yang dipimpin oleh Jimmy Harrell dengan tangan kanan Mike Williams sebagai seorang teknisi senior.

Terdapat berbagai kerusakan dalam sejumlah permesinan di Deepwater Horizon, yang tidak diperbaiki oleh pihak BP yang memilih penghematan anggaran, mengingat jadwal eksplorasi yang sudah sangat tertinggal.

Karena sudah terlambat dari target yang ditetapkan, maka Donald Vidrine juga menginginkan pengeboran ke dasar laut harus sudah dapat dilaksanakan dengan segera.

Jimmy Harrell menolak karena pengujian tes semen yang melapisi dan melindungi pipa pengebor untuk keselamatan pipa pengeboran belum dilakukan dengan seksama oleh BP.

Akhirnya diputuskan untuk melakukan pengujian dalam rangka mengetes ketahanan yang terhadap kondisi pipa pengeboran di Deepwater Horizon.

Setelah beberapa lama pengeboran dilakukan, mulai muncul berbagai kondisi yang mencemaskan seperti lumpur yang keluar meluap dari pipa pengeboran utama dan hal yang dikhwatirkan pun terjadi.


Sumber :
http://www.imdb.com/title/tt1860357/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kebocoran_minyak_Deepwater_Horizon
http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2012/09/deepwater-horizon-adalah-ultra.html
https://www.divertone.com/sebelum-nonton-deepwater-horizon-wajib-baca-ini-dulu/
http://www.antaranews.com/berita/587760/deepwater-horizon-bencana-tumpahan-minyak-terbesar-amerika
https://www.washingtonpost.com/opinions/a-milestone-for-the-environment-in-the-deepwater-horizon-disaster/2015/07/02/5d397694-20f2-11e5-aeb9-a411a84c9d55_story.html?utm_term=.b97bac707573