Sunday, October 16, 2016

Membersihkan AC Mobil Sendiri

AC mobil jika tidak dibersihkan dengan benar, maka dapat menyebabkan sirkulasi udara pada AC akan menjadi cepat kotor. Jika kotor maka AC mobil akan mengeluarkan bau yang kurang sedap dan juga performa AC mobil akan menurun.

Selain evaporator, komponen dari AC mobil yang perlu diperhatikan adalah filter AC. Letak filter AC mobil Xenia berada di dashboard sebelah kiri. Fungsi dari filter AC adalah untuk menyaring kotoran, menyaring partikel-partikel kotoran dari luar yang selanjutnya akan masuk kedalam kabin mobil.


Jika kotoran di filter AC sudah menumpuk maka hembusan AC kurang kencang, dan pada akhirnya AC kurang dingin.


Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melepas laci dashboard samping kiri yaitu dengan cara geser sedikit kearah kanan untuk melepaskan laci tersebut.


Kemudian lihat kearah dalam nanti akan ada sebuah kotak kecil tempat filter AC berada. Bentuknya menyerupai filter udara yang berada di engine. Lalu tekan klip yang berada di sebelah kanan cover. Lepaskan kotak tersebut, ambil filternya.

 
Jika kotoran pada filter AC mobil sudah terlalu menumpuk hingga warnanya yang menjadi hitam pekat, maka lakukan penggantian pada filter AC. Atau filter AC mobil bisa dilakukan setiap 50 ribu Km. Sumber lain menyebutkan bahwa filter AC itu perlu diganti setiap 10 ribu km.


Sumber :
http://www.asapmobil.com/cara-membersihkan-evaporator-ac-mobil-sendiri/
http://www.diasrentalmobilcirebon.com/cara-membersihkan-filter-ac-mobil-toyota-avanza/
http://www.otomotifxtra.com/read/2845/Ganti-Filter-AC-Mobil-Avanza-Xenia-Sendiri-Gampang-Kok