Saturday, October 15, 2016

Inferno

Nature always has its way

Alam itu punya cara tersendiri untuk mengontrol kita dan semua isinya. Lewat penyakit, lewat bencana alam, hal-hal yang kuasanya jauh di atas kemampuan kita untuk mencegah atau mengobati.

Ada gambaran matematis yang menarik mengenai jumlah populasi dunia. Dimana perlu ribuan tahun untuk mencapai 1 milyar penduduk (pada tahun 1800-an). Kemudian hanya diperlukan 100 tahun untuk melipatduakan jumlah populasi manusia yaitu menjadi 2 milyar (pada tahun 1920). Lalu hanya butuh 50 tahun untuk melipatduakan jumlah populasi manusia yaitu menjadi 4 milyar (pada tahun 1970).

Saat ini diperkirakan populasi manusia di bumi adalah sekitar 7 milyar (sekitar pada tahun 2010)

Diprediksi tidak butuh waktu lama jumlah populasi manusia di dunia akan menjadi 8 milyar (sekitar tahun 2020).

Diperkirakan populasi manusia akan menjadi 9 milyar pada tahun 2040.

Dan diperkirakan dalam waktu 50 tahun ke depan, populasi manusia akan menjadi 24 milyar.

Overpopulation.

Jika jumlah populasi menjadi 24 milyar maka akan terjadi krisis pangan, krisis energi. Namun alam itu punya cara tersendiri untuk mengontrol kita dan semua isinya. Lewat penyakit, lewat bencana alam, hal-hal yang kuasanya jauh di atas kemampuan kita untuk mencegah atau mengobati.


Sang jagoan, Robert Langdon terbangun dalam sebuah rumah sakit di Florence, Italia dalam kondisi amnesia. Dengan bantuan dokter Sienna Brooks, Robert Langdon mencoba bangkit untuk pulih dan berusaha menghentikan penyebaran virus berbahaya.

Virus yang berbahaya ini dibuat dan rencananya akan disebarkan oleh seorang bioengineer bernama Bertrand Zobrist sehingga dapat membunuh jutaan manusia hingga separuh populasi manudia di bumi akan mati.

Overpopulation, hal inilah yang ditakutkan oleh Bertrand Zobrist.

Untuk itu Robert Langdon harus mampu memecahkan kode dari satu bagian puisi karya penyair Italia Dante Alighieri, yang berjudul Inferno.

Inferno adalah buku ketiga Dan Brown yang diadaptasi ke film layar lebar. Sebelumnya ada The Da Vinci Code (2006) dan Angels & Demons (2009).



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Inferno_(film)
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2013/05/130516_budaya_dan_brown_inferno
http://www.rappler.com/indonesia/149080-7-fakta-menarik-film-inferno
http://blog.ferdot.com/2013/10/dan-brown-inferno.html
http://duaanak.com/manifesto/
http://www.kompasiana.com/citraningrum/sekelumit-catatan-tentang-inferno-dan-brown_5529b250f17e61721ad623ab