Saturday, October 29, 2016

Evaporator

Setahun yang lalu, yaitu tahun 2015, pertama kali setelah 5 tahun AC jadi panas dan tidak dingin lagi. Kemudian 3 dan 6 bulan lalu juga sempat AC tidak dingin lagi. Terasa tersiksa jika saat mengendarai kendaraan udara di dalam mobil terasa panas.

Terlebih terakhir saat perjalanan menjemput anak pulang dari sekolah. Cuaca siang panas terasa menyiksa. Keringat mengalir membasahi wajah dan punggung. Akhirnya aku masukkan bengkel dan pasti ini bukan sekedar AC kotor belaka.


Dan benar, ternyata komponen yang disebut dengan evaporator bocor dan rusak sehingga harus diganti. Harga evaporator untuk mobil Xenia adalah sekitar Rp 900.000.

Evaporator atau cooling unit adalah komponen AC mobil yang penting. Evaporator adalah alat yang berfungsi mengubah pelarut dari bentuk cair menjadi uap. Pada evaporator terjadi proses evaporasi, yaitu penguapan freon fasa cair menjadi fasa uap. Fungsi evaporator berlawanan dengan fungsi kondensor.


Ada beberapa hal yang menyebabkan evaporator AC mobil bocor, yaitu :
  1. Kurang perawatan sehingga evaporator menjadi kotor dan berdebu sehingga evaporator akan mudah terkorosi dan akhirnya bocor.
  2. Usia pemakaian dan dalam kasus kebocoran evaporator mobilku adalah karena faktor usia.


Sumber :
http://www.doktermobil.indoneka.com/fungsi-evaporator-ac-mobil/
https://id.wikipedia.org/wiki/Evaporator
http://acmobilindonesia.com/products/127/0/EVAPORATOR-ORISINIL-DENSO/
http://www.doktermobil.net/evaporator-ac-mobil-bocor/