Monday, February 13, 2017

AC Mobil Berisik

Hari minggu siang selepas dari mall, cuaca hujan deras namun kemudian tiba-tiba kembali panas. Di tengah perjalanan tiba-tiba AC tidak dingin dan angin yang keluar pun tidak terlalu kencang. Terpaksa darurat agar tidak gerah dan tidak kepanasan di mobil aku buka jendela mobil.

Sesampai di rumah terdengar bunyi berisik, klitik-klitik di mobil. Segera aku panggil tukang AC mobil. Dari diagnosa tukang AC mobil tersebut ada 2 kemungkinan penyakit, yaitu


Trush bearing 
Jika pemasangan kompresor AC mobil tidak benar, maka dapat menyebabkan trush bearing longgar. sehingga menimbulkan bunyi pada kompresor. Hal ini terjadi karena saat kompresor berputar bersamaan dengan mesin maka putarannya tidal stabil dan menimbulkan bunyi berisik.

AS tidak presisi
Selain trush bearing, juga dapat disebabkan oleh AS tidak presisi, yaitu dimana pada AC type ND, AS kompresor yang tidak presisi menyebabkan piston bergerak melebihi batas maksimalnya. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi benturan pada valve kompresor AC dan akan menyebabkan kompresor AC berbunyi dan berisik.


Sumber :
http://www.doktermobil.indoneka.com/kompresor-ac-mobil-bunyi-berisik/