Wednesday, February 8, 2017

3.5 Jam di Jember

Malam hari sebelumnya saat perjalanan pulang dari kantor, aku mendapatkan kabar bahwa bapak di Jember sedang sakit dan masuk ke ruang ICU di rumah sakit DKT Jember. Dikabarkan bapak sakit saat bersepeda dengan rekan-rekan klub sepedanya.

Langung saja malam itu aku mencari tiket secara online di tiket.com

Jadwal pulang pagi ada 2 jenis kereta api, yaitu Probowangi jam 5 pagi dan Mutiara Siang jam 9.30, sedangkan untuk jadwal kereta api untuk balik yang sesuai hanya 1 jenis, yaitu kereta api Probowangi yaitu pukul 16.30

Sehingga segera aku putuskan untuk beli tiket kereta api Mutiara Siang untuk pulang dan tiket kereta api untuk balik. Perjalanan kereta aku rekam sebagai berikut.

Mutiara Siang
12.08 Sampai di stasiun Jatiroto
12.21 Sampai di stasiun Tanggul
12.57 Sampai di stasiun Jember

Jadi perjalanan dari stasiun Sidoajo ke stasiun Jember ditempuh selama 3 jam 31 menit.

Dari stasiun kereta api Jember ke rumah sakit DKT di Jember cukup dekat, yaitu jaraknya hanya 350 meter. Sehingga aku tolak abang becak dan abang ojek, aku putuskan untuk jalan kaki saja. Tidak sampai 10 menit aku sampai di rumah sakit DKT Jember.

Ternyata yang membuat bapak sakit adalah gula darahnya naik hingga ke angka 356, padahal biasanya hanya 160 dan sedangkan batas normal gula darah adalah 120.

Gula darah naik karena sehari dan 2 hari sebelum beraktivitas bersepeda, bapak makan berlebih yaitu tape, durian dan nangka. Sehingga membuat gula darah naik hampir 2x lipat lebih yaitu dari 160 menjadi 356.

Aku tidak bisa berlama-lama, karena jadwal kereta api balik yaitu jam 16.30. Sehingga lama aku di Jember untuk menjenguk di rumah sakit hanya 3 jam 28 menit. Perjalanan balik ke Sidoarjo juga aku rekam sebagai berikut.

Probowangi
19.24 Sampai di stasiun Pasuruan
19.55 Sampai di stasiun Bangil
20.19 Sampai di stasiun Sidoarjo

Jadi perjalanan balik dari stasiun Jember ke stasiun Sidoarjo ditempuh selama 3 jam 52 menit. Atau selisih 21 menit dibandingkan dengan kereta api Mutiara Siang.

Praktis inilah mudik tercepat selama ini, yaitu hanya 3.5 jam.

I'm on the night train
Traveling north to find you
It's many hundred miles and it won't be long