Sunday, February 19, 2017

Bandara Ahmad Yani di Semarang


Bandara (Bandar udara) Achmad Yani terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pada tahun 1995, awalnya loaksi ini merupakan pangkalan udara TNI Angkatan Darat yang mengalami perubahan status pelabuhan udara Kalibanteng.

Kemudian untuk meningkatkan kualitas pelayanan karena mengalami peningkatan frekuensi penerbangan sipil, maka untuk pengelolaan bandara Ahmad Yani diserahkan kepada PT Angkasa Pura I (Persero). Kemudian pada tahun 2004 bandara Ahmad Yani melayani juga penerbangan Internasional.

Yang menjadi pertanyaan dan menjadi rasa penasaran adalah mengapa nama bandara Semarang ini mengambil nama pahlawan revolusi yaitu Achmad Yani. Sehingga aku jadi ingin tahu biodata dari pahlawan revolusi Ahmad Yani tersebut.


Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani lahir di Purworejo, Jawa Tengah adalah komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Ahmad Yani besar di keluarga Wongsoredjo, keluarga yang bekerja di sebuah pabrik gula yang dijalankan oleh pemilik Belanda. Berikut adalah perjalanan karir dari Ahmad Yani
  • Tahun 1927, Ahmad Yani pindah ke Batavia dan menempuh pendidikan dasar dan menengah. 
  • Tahun 1940, Ahmad Yani menjalani wajib militer di tentara Hindia Belanda pemerintah kolonial. Kemudian Ahmad Yani belajar topografi militer di Malang, Jawa Timur. 
  • Tahun 1942, Ahmad Yani dan keluarganya pindah kembali ke Jawa Tengah.
  • Tahun 1943, Ahmad Yani bergabung dengan tentara Jepang Peta (Pembela Tanah Air), dan menjalani pelatihan lebih lanjut di Magelang. 
  • Tahun 1949, Ahmad Yani melakukan serangkaian serangan gerilya untuk mengalihkan perhatian Belanda sementara Letnan Kolonel Soeharto dipersiapkan untuk Serangan Umum 1 Maret yang diarahkan pada Yogyakarta.
  • Tahun 1952, Ahmad Yani beraksi untuk melawan Darul Islam, sebuah kelompok pemberontak yang berusaha untuk mendirikan sebuah teokrasi di Indonesia. 
  • Tahun 1955, Ahmad Yani berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar di Komando dan Staf Umum College, Fort Leavenworth, Texas. 
  • Tahun 1956, Ahmad Yani dipindahkan ke Markas Besar Angkatan Darat di Jakarta di mana ia menjadi anggota staf Umum untuk Abdul Haris Nasution.
  • Tahun 1958, Ahmad Yani memerintahkan Operasi 17 Agustus terhadap Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia pemberontak di Sumatera Barat. 
  • Tahun 1962, Ahmad Yani dipromosikan menjadi wakil kepala Angkatan Darat.
  • Tahun 1963, Ahmad Yani dipromosikan menjadi Kepala Angkatan Darat menggantikan Jenderal Nasution.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Achmad_Yani
http://achmadyani-airport.com/sejarah
https://id.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Yani
http://www.biografiku.com/2010/02/biografi-jendral-ahmad-yani.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts