Sunday, July 15, 2018

Tablet Advance Hang

Sore hari tablet Advan punya anakku hang. Tablet degan OS Android itu mengalami masalah berhenti di logo pada saat dihidupkan, atau disebut dengan Bootloop.

Besar kemungkinan mengalami Bootloop karena modifikasi sistem, yaitu perombakan dari sistem operasi misalnya mengganti font. Hal tersebut ditandai saat menghidupkan kembali tablet tidak bisa masuk ke home menu tetapi hanya berhenti di logo.

Penyebab lain adalah overclock, yaitu memaksa prosesor bekerja diatas kemampuannya, sehingga mengakibatkan kerusakan pada device jika kurang teliti dalam overclocking. Sehingga yang sediakalanya mau medapatkan performa yang lebih baik, tetapi hal ini bisa mengakibatkan sistem android menjadi tidak stabil.


Terdapat beberapa tingkatan Bootloop, yaitu Ringan, Medium dan Fatal.

Bootloop Tingkat Ringan
Umumnya terjadi karena cache yang penuh sehingga android mengalami kelelahan. Biasanya karena saat menginstal aplikasi atau bermain game dalam waktu lama secara terus-menerus. Untuk mengatasinya cukup dengan mematikan hp kemudian cabut batrenya beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Bootloop Tingkat Medium 
Terjadi karena sering melakukan install scrip atau tweaking, seperti kustomisasi tema, modifikasi bootscreen, mengotak-atik sistem android, dan lain-lainnya. Atasi dengan cara recovery mode.

Bootloop Tingkat Fatal
Dikarenakan tweak atau modifikasi scrip yang tidak jelas secara berlebihan, melakukan rooting hp android, kemudian menghapus aplikasi bawaan android, ataupun menghapus dan mengubah file penting yang dibutuhkan android. Segera bawa tablet ke pihak service.

Untuk itu aku lepas internal memory lalu aku pencet tombol power agak lama, kemudian tablet advance bisa restart. Baru kemudian aku lakukan factory reset.


Sumber :
http://www.androphoneid.com/2016/08/cara-mengatasi-advan-vandroid-bootloop.html