Sunday, July 1, 2018

Pemanasan Sebelum Lari


Tidak hanya olahraga seperti sepakbola atau futsal saja yang membutuhkan pemanasan. Tapi olahraga lari juga membutuhkan pemanasan agar tidak cedera saat lari berlangsung. Pemanasan ini digunakan sebagai peregangan pada kaki.

Beberapa pemanasan yang dilakukan sebelum lari adalah sebagai berikut :
  1. Hacky-sack: tekuk lutut kanan dan angkat kaki kanan ke atas menuju dada. Sentuhkan tangan kiri Anda ke bagian dalam telapak kaki kanan dengan menjaga punggung tetap lurus.
  2. High-knee step: tekuk lutut kanan dan jaga sudutnya sebesar 90 derajat. 
  3. Butt kick: ayunkan kaki ke belakang kuat-kuat sehingga tumit menyentuh paha belakang. 
  4. Stork stretch: tekuk lutut ke belakang sampai tumit hampir menyentuh paha belakang, dan kemudian gunakan tangan Anda untuk menahannya di tempat selama 10 hitungan. 
  5. Calf-raises: paha memainkan peran penting saat lari karena otot paha sering berkontraksi ketika kaki Anda terangkat dari permukaan tanah. Mulailah dengan jinjit pada jemari kaki dan kemudian turunkan tumit secara perlahan. 
  6. Hip Circle (putaran pada panggul), Pemanasan dengan gerakan memutar pada panggul berguna untuk membuka otot di daerah panggul. 
  7. Walking Lunges (menekuk lutut), lakukan tekukan di daerah lutut sebanyak 90 derajat ke arah depan sampai daerah lutut tersebut hampir menyentuh tanah. 

Sumber :
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/olahraga-lari/dua-pemanasan-sebelum-lari
https://www.halodoc.com/blog/hindari-cedera-lakukan-pemanasan-sebelum-dan-sesudah-lari-berikut-ini