Sunday, July 15, 2018

HP Xiaomi Error

Sudah 2 tahun lebih aku menggunakan HP Xiaomi, yaitu mulai dari bulan Maret 2016. Selama itu tidak pernah mengalami error yang berlebihan. Namun pada malam menjelang final sepakbola Piala Dunia 2018 terjadilah apa yang tidak diinginkan.

Ternyata di hari yang sama, bukan hanya Tablet Advance anakku saja yang error, tapi juga HP Xiaomi yang aku gunakan yang juga error, meski problemnya berlainan. Setelah mengotak-atik akhirnya ketemulah problemnya.


Error ini ternyata menjadi penyebab paling umum ditemukan oleh pengguna Android merupakan aplikasi Play Store yang tidak bisa dibuka atau dijalankan.

Langkah pertama yang aku cek adalah memastikan sinkronisasi sudah benar, yaitu soal jam dan tanggal yang harus sesuai dengan apa yang ada di server Google.

Ternyata sudah sesuai.

Berikutnya aku coba mengatasi Play Store tidak bisa dibuka dengan cara membersihkan semua data dan cache yang ada di aplikasi Play Store dan Layanan Google Play. Aku pilih paksa berhenti terlebih dahulu, baru kemudian menghapus cache.

Sudah aku lakukan tapi masih error.

Aku coba memperbaiki Play Store yang rusak dengan melakukan restart perangkat saja. Karena sebelumnya aku menginstal dan mendelete aplikasi, sehingga setiap melakukan perubahan besar perangkat melakukan restart agar sistem dapat menyesuaikan perangkat sepenuhnya terhadap perubahan tersebut.

Setelah restart ternyata tetap error.

Ada kemungkinan Play Store tidak bisa dibuka kali ini masih berkutat pada aplikasi itu sendiri. Versi aplikasi yang tidak sesuai atau rusak bisa membuat Google menolak akses yang dilakukan oleh aplikasi tersebut dan menutupnya secara paksa. Sebelum memasang versi Play Store terbaru, aku hapus pembaruan yang ada agar aplikasi kembali seperti semula.

Ternyata masih error.

Sebelum opsi factory reset, aku coba dengan tambah ulang akun Google. Aku masukkan kembali akun Google utama kamu dan tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.

Dan alhamdulillah berhasil. Akhirnya HP Xiaomi ku kembali seperti sedia kala.


Sumber :
https://chromplex.com/cara-mengatasi-play-store-tidak-bisa-dibuka-android/