Sunday, July 5, 2020

New Tagline : Advancing

Tepat setahun yang lalu, yaitu tanggal 4 Juli 2019, Pengurus IPOMS Surabaya menyematkan tagline "reinventing" atau menemukan kembali sebagai upaya untuk penataan kembali strategi, kegiatan dan organisasi dengan harapan supaya ke depan bisa lebih komprehensif dan sustain.

Indonesia saat ini mencanangkan New Normal dalam masa Transisi. Sehingga dalam menghadapi New Normal kita harus siap dalam hal New Habit, New Skill dan New Mindset.

Begitu halnya dengan IPOMS Surabaya. Kita juga harus siap dengan New Tagline.

Sumber foto : thedrum.com

Sekarang waktunya mentas dari reinventing dan saatnya mencanangkan new tagline "Advancing" sebagai jargon, moto atau semboyan yang mengiringi kita agar tetap semangat kedepan. Advancing yang dimaksud disini adalah advancing ideaadvancing knowledge, dan advancement opportunities.

Berbicara mengenai tagline, menarik jika membaca ulasan Douglas Holt & Douglas Cameron dalam bukunya Cultural Strategy : Memberdayakan Pemikiran Inovatif untuk Menciptakan Merek yang Tepat.

Salah satunya yang dibahas panjang lebar adalah produk sepatu dan peralatan olahraga Nike dengan tagline yang tersohor yaitu "Just Do It".

Nike memandang "kinerja" secara lebih luas daripada sekedar berpikir bagaimana seseorang dapat menggiring bola dengan lebih baik di lapangan, sehingga Nike mempengaruhi orang dengan berpikir bahwa Nike membuat sepatu yang jauh lebih bagus dibandingkan yang lain. Mungkin karena itu Nike menggandeng CR7 atau Cristiano Ronaldo.

Jauh sebelumnya, tahun 1970, saat itu olahraga individual yaitu lari menjadi cabang olahraga yang sangat diminati dan cukup berkembang. Orang-orang saat itu memilih lari atau joging untuk keluar dari gaya hidup yang santai dan melatih tubuh mereka agar dapat bersaing secara efektif di dunia kerja.

Atlet lari terkenal yang disponsori oleh Nike saat itu adalah Joan Benoit. Sekarang mungkin setara dengan pelari marathon nomor satu dunia, Eliud Kipchoge dengan sepatu Nike Vaporfly.

Kemudian pada tahun 1985, Nike mensponsori pebasket tersohor, Michael Jordan, sebagai bentuk dalam mengikuti pemikiran kultural baru dengan mengandalkan mitos prestasi atlet. Saat itu siapa yang tidak kenal dengan sepatu Air Jordan.

Dan akhirnya pada tahun 1988, iklan Nike saat itu cukup terkenal dan terngiang di kepala semua orang, yaitu berkat tagline "Just Do It". Sehingga memberikan motivasi pribadi bahwa "Siapa pun Anda, apa pun hambatan fisik, ekonomi dan sosial. Melompati batas tidak hanya memungkinkan, tetapi justru menunggu untuk diberdayakan".

Jadi sudah siap bersama IPOMS Surabaya dengan New Tagline : "Advancing".

No comments:

Post a Comment

Related Posts