Sunday, February 28, 2021

Gowes ke Candi Pamotan

Gowes kita hari Minggu ini adalah ke Candi Pamotan yang berada di desa Pamotan Selatan, Kecamatan Porong, kabupaten Sidoarjo. 

Terdapat sebuah situs candi Lemah Duwur atau Siti Hinggil yang berada di area persawahan. Lokasinya berada di sebelah Jalan Tol Arteri Porong Sidoarjo. Akses menuju Lemah Duwur telah dipaving dengan lebar 1,5 meter. Diatas candi terdapat 2 pohon berukuran besar yang memayunginya.

Lemah Duwur tersebut merupakan sebuah situs jaman Kerajaan Majapahit sebagai peninggalan pada zaman kerajaan dahulu. Reruntuhan bangunan candi di wilayah Sidoarjo menjadi peninggalan dari masa kerajaan Majapahit karena lokasinya cukup dekat dengan pusat pemerintahan kerajaan tersebut. Dan mempunyai kaitan dengan situs Candi Pamotan satu dan dua yang letaknya tidak terlalu jauh dari sana.

Nama Pamotan diambil karena disana merupakan wilayah pemerintahan dibawah kontrol kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh seorang adipati dari keluarga kerajaan bergelar "Pamotan" yang artinya adalah raja muda atau penguasa daerah.

Konon, candi ini digunakan untuk menyimpan hasil bumi seperti padi yang merupakan salah satu komoditas unggul pada zaman kejayaan kerajaan Majapahit. 


Sumber :

https://sidoarjonews.id/menengok-candi-lemah-duwur-potensi-wisata-sidoarjo-yang-tidak-tergarap/

https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2018/01/03/37533/situs-lemah-duwur-sulit-direstorasi

https://brisik.id/read/61872/candi-pamotan-peninggalan-majapahit-yang-tersembunyi

https://www.kompasiana.com/yasinta64076/6007095a8ede482f1d4082a2/candi-pamotan-3-di-porong-sidoarjo

No comments:

Post a Comment

Related Posts