Monday, February 22, 2021

Dunning-Kruger Effect

Saat kita bicara dengan rekan kerja, pernah kita temukan seseorang yang berbicara panjang lebar tentang suatu topik, bahkan dengan berani menyatakan bahwa ia benar dan bahwa pendapat orang lain itu bodoh dan salah.

Dia akan terus mengoceh, tanpa sadar mengabaikan ketidaktahuannya sendiri.

Hal ini disebut dengan Efek Dunning-Kruger atau Dunning-Kruger Effect.

Dunning-Kruger Effect adalah fenomena psikologi yang didefinisikan sebagai bias kognitif di mana seseorang keliru menilai kemampuan yang dimiliki diri sendiri, individu tersebut merasa kemampuan mereka jauh lebih tinggi dari yang sebenarnya. 

Bias ini dikaitkan dengan ketidakmampuan metakognitif untuk mengenali kemampuan mereka sendiri. Dengan kata lain, kita tidak tahu apa yang tidak kita ketahui. Salah satu penyebab dari Dunning-Kruger Effect adalah ego. 

Teori Dunning-Kruger Effect dikembangkan oleh David Dunning dan Justin Kruger pada tahun 1999, dua profesor psikologi dari Cornell University. 

Mirip dan berkaitan dengan The Death of Expertise.

Seseorang yang miskin ilmu, namun mereka menggambarkan diri mereka orang yang ahli, padahal mereka orang yang tidak kompeten, berkinerja buruk, dan tidak dapat menilai dan mengenali kualitas pekerjaan mereka secara akurat.

Menjadi cognitive bias.

Dari sini kita dapat memahami mengapa siswa yang mendapat nilai buruk dan gagal dalam ujian terkadang merasa bahwa mereka layak mendapat skor yang jauh lebih tinggi. Mereka melebih-lebihkan pengetahuan dan kemampuan mereka sendiri dan tidak mampu melihat kekurangan kinerja mereka.

Mengutip istilah dari Jamil Azzaini, "inilah mengapa banyak orang yang sebenarnya bloon tetapi tidak sadar bahwa dirinya bloon".

Oleh karena itu, gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya, berdialoglah dalam hati, cobalah hal-hal baru. Dan belajarlah untuk menerima kritik. 


Sumber :

https://blog.ruangguru.com/dunning-kruger-effect

https://www.merdeka.com/sumut/mengenal-efek-dunning-kruger-melebih-lebihkan-pengetahuan-yang-dimilikinya-kln.html?page=all

https://myanmol.com/blog/common-biases-impact-investment-decisions/

No comments:

Post a Comment

Related Posts