Thursday, February 25, 2021

Uang Digital

Sewaktu duduk di bangku sekolah, dulu kita mendapatkan pelajaran ekonomi yang mempelajari mengenai jenis-jenis uang. Diantaranya adalah uang kartal dan uang giral. Selain itu juga ada uang kuasi dan uang digital.

Uang kartal adalah uang kertas dan uang logam yang beredar di masyarakat yang dikeluarkan dan diedarkan otoritas moneter dalam hal ini adalah bank sentral. 

Uang giral adalah tagihan umum yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran, yang berbentuk berupa cek, giro, atau telegrafic transfer.

Uang kuasi adalah istilah ekonomi yang digunakan untuk mendeskripsikan aset yang dapat diuangkan secara cepat, misalnya deposito berjangka, tabungan dan rekening tabungan valuta asing milik swasta domestik.

Uang digital atau uang elektronik adalah uang yang digunakan dalam transaksi online yang melibatkan penggunaan jaringan komputer seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital, uang ini disimpan dalam media elektronis berupa server atau chip. 

Minggu-minggu ini lagi ramai dibahas mata uang rupiah digital seiring maraknya fenomena mata uang kripto (cryptocurrency) seperti bitcoin yang berkembang. Oleh karena Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral merumuskan pembentukan Center Bank Digital Currency (CBDC). Mata uang digital bank sentral bukan rupiah digital.

Sehingga nantinya mata uang yang beredar di masyarakat melalui bank-bank dan fintech, baik secara wholesale maupun secara ritel dapat terpantau dengan baik agar tidak terjadi risiko fraud maupun pemalsuan. Selain itu juga untuk pemenuhan akan kebutuhan keamanan pembayaran, stabilitas keuangan memitigasi private digital currency dan merespons penggunaan uang kartal.

Hal ini tentunya akan dapat mendukung ekonomi digital.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Jenis-jenis_uang

https://id.wikipedia.org/wiki/Uang_elektronik

https://www.jpnn.com/news/wah-indonesia-bakal-punya-rupiah-digital-ternyata-begini-kata-bi

https://media.neliti.com/media/publications/33546-ID-pengaruh-uang-giral-dan-uang-kuasi-terhadap-inflasi-di-indonesia.pdf

https://money.kompas.com/read/2021/02/25/120638426/bi-bakal-terbitkan-mata-uang-digital-bank-sentral.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210225125619-37-226093/selain-bi-ini-bank-sentral-yang-siapkan-uang-digital-resmi

https://www.hedgethink.com/central-banks-and-the-future-of-digital-money-by-simon-pearson/

No comments:

Post a Comment

Related Posts