Tuesday, February 2, 2021

Yugoslavia

Yugoslavia (berarti "Slavia Selatan") yang berada di daerah Balkan beribu kota di Beograd. Yugoslavia terbentuk dari persatuan bangsa-bangsa Slavia yang tinggal di Balkan. Negara itu berbentuk kerajaan dengan nama resmi Kerajaan Bangsa Serbia, Kroasia dan Slovenia. Pendirinya adalah Alexander Karoderdevic, seorang bangsawan Serbia pada tahun 1918.

Pada Perang Dunia 2, wilayah Yugoslavia menjadi jarahan negara-negara Axis, khususnya Jerman dan Italia. Orang Jerman Nazi menindas Yugoslavia dengan keras, khususnya mereka yang berlatar belakang komunis. Pada masa itu, gerakan Marxis-Leninis sedang berkembang pesat di seluruh Eropa.

Para pejuang Komunis bertempur tanpa kenal lelah untuk membebaskan Yugoslavia dari Jerman, Italia dan Hungaria. Mereka akhirnya sukses memerdekakan negeri itu pada tahun 1945.

Josep Broz Tito, seorang marsekal kharismatik akhirnya berhasil memakzulkan raja Petar dan membubarkan kerajaan. Sebagai gantinya ia mendirikan Federasi Demokratik Yugoslavia yang berpaham sosialis.

Di masa kejayaannya, dari sekitar tahun 1950-1980, Yugoslavia mampu menjadi salah satu negara yang disegani. Mereka memiliki angkatan perang yang tangguh, intelejen yang hebat dan industri yang mumpuni. Di pentas olahraga, tim nasional Yugoslavia adalah salah satu kekuatan sepakbola yang paling ditakuti. Yugoslavia juga cukup disegani di bidang atletik, senam, catur dan tenis.

Di luar negeri, walau merupakan negara komunis, Yugoslavia bersitegang dengan Uni Soviet. Lantas Tito, bersama Sukarno dan pemimpin lainnya menginisiasi lahirnya Gerakan Non-Blok.

Saat presiden Josep Broz Tito meninggal dunia, saat itu dimulailah fase keruntuhan Yugoslavia. Masalah sosial dan politik menjadi faktor keruntuhan. Mulai dari faktor Vacuum of Power (kekosongan kekuasaan), tidak ada figur pemimpin yang ideal pengganti Josep Broz Tito, terjadinya perpecahan antar-etnis di Yugoslavia, runtuhnya kekuatan komunisme pada akhir dekade 1980-an.

Pada tanggal 4 Februari 2003, Republik Federal Yugoslavia dibentuk ulang sehingga menjadi Uni Negara Serbia dan Montenegro. 

Setelah runtuh pada tahun 2003, seperti negara Uni Soviet yang pecah menjadi Rusia dan lain-lain, Yugoslavia pun pecah menjadi beberapa bagian. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Serbia, atau yang dikenal dengan nama Republik Serbia adalah sebuah negara republik di tenggara dan pusat Eropa. Ibu kota: Belgrade.
  2. Montenegro, merupakan negara pecahan Yugoslavia yang berada di wilayah Eropa Selatan. Tepatnya berada di negara Balkan dan berbatasan dengan Laut Adriatik di selatan. Ibu kota: Podgorica. 
  3. Makedonia Utara, adalah negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Ibu kota: Skopje. 
  4. Kroasia, adalah negara berbentuk bulan sabit di Eropa yang berbatasan dengan Balkan di tenggara. Ibu kota: Zagreb.
  5. Bosnia-Herzegovina, adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 kilometer persegi. Ibu kota: Sarajevo.
  6. Slovenia, adalah negara pesisir sub-Alpin di selatan Eropa Tengah berbatasan dengan Italia di sebelah barat. Ibu kota: Ljubljana.
  7. Kosovo, adalah sebuah negara republik yang merdeka secara de facto dan terletak di sebelah tenggara Eropa. De facto sendiri adalah kemerdekaan yang diakui secara resmi di mata hukum. Ibu kota: Pristina.


Sumber :

https://digstraksi.com/sejarah-daftar-negara-pecahan-yugoslavia/

https://id.wikipedia.org/wiki/Yugoslavia

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/01/141107069/sejarah-runtuhnya-yugoslavia.

https://kids.grid.id/read/472587576/berdiri-selama-85-tahun-dan-runtuh-pada-tahun-2003-berikut-7-negara-pecahan-yugoslavia?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts