Monday, March 6, 2023

Negara yang Singgah di Indonesia

Sebutkan 3 negara selain Belanda yang pernah menjajah negara Indonesia!

Pertanyaan tersebut aku dengar saat melihat kuis di televisi. Saat sekolah dulu hanya ingat bahwa yang pernah "singgah" di Indonesia adalah Portugis, Belanda dan Jepang. Namun ternyata tidak itu saja. Jadi penasaran.

Ada 6 negara yang pernah menjajah Indonesia, yaitu Portugis, Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris, dan Jepang. Mari kita bahas satu persatu.

Portugis menjajah Indonesia pada 1509-1595. Adalah Alfonso de Albuquerque yang mengirim ekspedisi yang dipimpin Antonio de Abreu untuk mencari daerah kaya rempah-rempah di Nusantara. Mereka pun menemukannya di Maluku.

Spanyol menginjakkan kaki di Maluku dan bersekutu dengan Kerajaan Tidore pada tahun 1521-1529. Portugal dan Spanyol pun konflik hingga akhirnya berdamai melalui Perjanjian Saragosa pada 1529, dimana Spanyol harus meninggalkan Maluku dan boleh mengambil kekuasaan ke utara Indonesia, yaitu Filipina. Sementara Portugis tetap berada di Maluku.

Belanda mengalahkan Portugis dan membangun bisnis di dalam negeri melalui perusahaan dagang mereka, Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada 1602 hingga tahun 1942. Belanda menguasai sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan sistem tanam paksa atau cultuurstelsel.

Saat VOC Belanda mengalami krisis, Prancis sempat menguasai Nusantara pada tahun 1806-1811. Saat itu Raja Prancis Louis Napoleon menunjuk Marsekal Willem Daendels menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada 1808. Di masa ini beliau membangun jalan dari Anyer sampai Panarukan. 

Inggris berhasil mengalahkan Prancis pada 1811. Prancis pun harus menyerahkan kekuasaan di Batavia kepada Inggris. Lalu Inggris menjajah Indonesia pada 1811-1816 yang dipimpin oleh Stamford Raffles untuk mulai menata Indonesia dimulai dengan menghapus sistem monopoli perdagangan yang pernah diterapkan Belanda. Raffles menunjuk bupati lokal menjadi bagian dari pemerintahan sehingga lahir sistem sewa tanah. Dilanjutkan dengan membagi kewilayahan di Pulau Jawa.

Saat Belanda kalah dalam Perang Dunia II, Indonesia dikuasai oleh Jepang dari tahun 1942-1945 dengan janji akan memberikan kemerdekaan Indonesia. Jepang menerapkan sistem kerja paksa alias romusha terhadap rakyat Indonesia. Namun semua berakhir saat Kota Hiroshima dan Nagasaki dibom AS pada 15 Agustus 1945. 

Hingga akhirnya pada 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.


Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20220808122804-574-831675/6-negara-yang-pernah-menjajah-indonesia-belanda-hingga-jepang/2.

https://en.wikipedia.org/wiki/Dutch_East_Indies_campaign

No comments:

Post a Comment

Related Posts