Tuesday, June 13, 2023

Antara CSR, ESG dan Sustainability

ESG (Environmental, Social, and Governance) adalah seperangkat standar yang digunakan untuk menyaring investasi berdasarkan kebijakan perusahaan dan mendorong perusahaan untuk bertindak secara bertanggung jawab. 

ESG menjadi salah satu parameter pelaksanaan pembangunan SDGs (Sustainable Development Goals) yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi, atau bisnis yang berkelanjutan dengan tiga faktor atau kriteria utama, yaitu environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola). 

Pertumbuhan ESG berawal dari tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility) yang menjadi titik awal bagi bisnis yang mengambil kepemilikan atas dampaknya terhadap masyarakat.

Keduanya merupakan istilah bagi perusahaan yang menerapkan Sustainability. 

Perbedaannya adalah CSR bertujuan untuk membuat bisnis akuntabel, sedangkan ESG membuat upaya CSR terukur karena dalam ESG kita dapat mengukur kekurangan metrik dari upaya CSR supaya lebih akurat.

Beberapa yang diukur dalam ESG adalah:

  • Menanggapi perubahan iklim
  • Attitude dan treatment karyawan
  • Membangun kepercayaan dan dorong inovasi
  • Mengelola rantai pasokan mereka

Sustainability (keberlanjutan) dan ESG memiliki perbedaan yaitu secara umum sustainability adalah kemampuan untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan di generasi yang akan datang, sedangkan ESG lebih mengacu pada kriteria Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola yang sering digunakan investor untuk menentukan investasi mereka pada suatu perusahaan.

Sustainability sering dikaitkan dengan penghijauan karena hal ini merupakan hasil akhir dari berbagai upaya yang dilakukan dalam kerangka ‘going green’, seperti pengurangan konsumsi energi listrik, maupun penghematan pemakaian air. Namun tidak hanya itu, sustainability juga mencakup semua upaya perusahaan untuk mengurangi dampak buruk perusahaan terhadap lingkungan di sekitarnya, termasuk menciptakan lapangan kerja yang baik atau mempromosikan kesetaraan gender, selain daripada membantu lingkungan.

Sehingga sustainability memiliki cakupan yang sangat luas.


Sumber:

https://money.kompas.com/read/2023/03/12/211625126/apa-itu-esg-pengertian-kriteria-dan-pentingnya-dalam-dunia-bisnis?page=all.

https://blog.olahkarsa.com/mengapa-esg-menggantikan-csr/

https://www.fortuneidn.com/business/bayu/perbedaan-sustainability-dan-esg-bagi-perusahaan?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts