Thursday, June 8, 2023

With Great Power Come Great Responsibility (2)

Peter Parker adalah remaja yatim piatu yang jenius tapi lugu, dan sering menjadi korban bully. Namun setelah tergigit laba-laba yang terpapar radio aktif, Peter Parker menjadi remaja dengan kemampuan fisik yang luar biasa, mampu bergerak sangat cepat, tubuhnya menjadi sangat lentur dan kuat.

Namun dengan kekuatan yang baru tersebut Peter Parker terlena. Hingga akhirnya terjadi accident sehingga Uncle Ben atau Ben Parker yang sekarat, disaat terakhir paman dari Spiderman alias Peter Parker berucap :

"with great power come great responsibility". 

Kita sebagai manusia juga harus meneladani hal ini. Dimana seiring dengan bertambahnya kemampuan yang kita miliki, kita juga dituntut untuk mau memikul tanggung-jawab yang lebih besar, melakukan lebih banyak tugas dengan lebih baik ketimbang kebanyakan orang. 

Misalnya bagi siswa contoh kemampuan atau kompetensi adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi.

Sedangkan bagi karyawan kemampuan yang dimiliki diantaranya adalah etika, komunikasi yang efektif, keterampilan negosiasi, berpikir kritis dan percaya diri.

Kemampuan tersebut harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Responsibility atau tanggung-jawab adalah tugas atau kewajiban untuk melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan. 

Skill tanggung jawab merupakan salah satu soft skills yang harus dimiliki dalam setiap kondisi. Kemampuan ini harus diasah sejak dini hingga nanti dewasa agar pekerjaan tidak ada yang terhambat karena kelalaian.

Jika seseorang memiliki kemampuan tanggung jawab ini maka artinya orang tersebut memiliki pribadi jujur dan berkepedulian tinggi.

Terakhir kita juga harus memiliki integritas, yaitu harus mampu mempertanggung-jawabkan kemampuan tersebut, karena kemampuan rawan untuk disalahgunakan dan tanggung jawab rawan untuk diabaikan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts