Wednesday, June 14, 2023

The Flash

Film The Flash tayang juga di bioskop dan di Indonesia seperti biasa tayang lebih awal pada 14 Juni. Di awal film Barry memesan roti untuk sarapan, namun kemudian dia ditelp oleh Alfred untuk membantu Batman. Barry pun mengenakan pakaian kostum superhero Flash dengan cahaya petir nyala dan dia tampak sedang berlari, tetapi para penggemarnya histeris menyapa Barry.


Film ini memperkenalkan multiverse DC tentang perjalanan waktu Flash ke masa lalu sehingga terkuak eksistensi multiverse. Upaya tersebut digunakan dengan tujuan untuk membuat ibu Barry Allen agar bisa hidup kembali dan sekaligus membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.

Hal tersebut dilakukan Flash dengan berlari menggunakan Speed Force hingga melebihi kecepatan cahaya sehingga tercipta Chronobowl.

Namun usaha dari The Flash malah membuatnya tiba di semesta alternatif, seperti yang dijelaskan oleh Bruce Wayne alias Batman di Universe baru tersebut yaitu Batman versi Michael Keaton yang menjadikan timeline multiverse DC menjadi lebih mirip seperti ‘spageti’, yang polanya kusut, saling bertumpuk, serta punya awal dan akhirnya tersendiri. 

Di saat itu muncullah musuh General Zod.

Barry pun membujuk Batman yang sebenarnya sudah pensiun untuk menyelamatkan dunia untuk mencari dan menyelamatkan Kryptonian yang dipenjara di Rusia. Awalnya mereka mengira Kryptonian adalah Clark Kent alias Kal-El alias Superman. Namun ternyata di universe alternatif ini sang Kryptonian adalah Kara-El alias Supergirl.

The Flash pun berusaha mengumpulkan para metahuman di semesta alternatif tersebut untuk untuk terbang ke gurun menghadapi General Zod dan pasukannya. Di tengah pertempuran yang sangat besar, pada akhirnya Flash dan Barry muda sampai pada titik di mana Batman dan Supergirl harus mati. 

Karena 2 sobat mereka mati mereka Flash berdua pun langsung berlari cepat untuk mencapai Chronobowl untuk mencoba mengubah takdir agar Batman dan Supergirl kembali hidup. Namun berkali-kali mencoba selalu berakhir sama dengan kematian Batman dan Supergirl.

Anomali dan paradoks waktu akhirnya terjadi. Di saat itu muncullah Dark Flash.  Dark Flash menjadi villain utama dalam film The Flash, dimana Barry versi tua yang terobsesi untuk memperbaiki banyak hal hingga membuatnya jadi gila. 

Barry muda dan Dark Flash adalah produk dari kekacauan multiverse yang ditimbulkan oleh Flash. Akibat ulah Flash menjadikan semesta Superman Nicolas Cage bertabrakan dengan semesta Superman Christopher Reeve. 

Akhirnya Flash sadar bahwa cara selamatkan multiverse DC adalah dengan menghentikan ambisi Barry muda. Flash pun kembali bertemu dengan ibunya di masa lalu dan sengaja membuat ibunya lupa membeli tomat kaleng. 

Dengan hal tersebut maka ibunya akan tetap memasak sendirian dan terbunuh, sementara ayahnya pergi untuk membeli tomat kaleng dan dituduh sebagai pelaku.

Flash pun kembali ke semesta awal yaitu saat hari persidangan ayahnya. Sang pengacara memperlihatkan rekaman bukti yang telah dipertajam oleh teknologi terbaru Wayne Enterprise, terlihat dengan jelas bahwa sebelum ibu Barry dibunuh ayahnya memang tengah membeli tomat kaleng dan bebas dari tuduhan. 

Bukti baru adalah rekaman bukti tersebut menunjukkan ayah Barry terlihat mengangkat wajahnya ke arah kamera berbeda dengan rekaman sebelumnya. Hal tersebut terjadi saat Flash kembali ke masa lalu, tomat kaleng dipindah dari posisi di tengah rak ke posisi atas rak. Sehingga ayah Barry saat mengambil tomat kaleng mengharuskan mendongak ke atas sehingga terekam oleh kamera.

Di luar persidangan Barry pun mengangkat telepon dari Bruce Wayne alias Batman, tidak lama kemudian sebuah mobil mewah milik Bruce datang, namun ternyata Bruce yang sekarang bukan lah  Bruce Wayane versi Ben Affleck, namun versi George Clooney.


Film The Flash menjadi film terakhir dari DC Extended Universe, dan dengan kejadian diatas maka menjadi awal DC Studios dan WB melakukan reset terhadap jagat sinematik atau universe baru.

Seperti film Marvell, dalam film ini terdapat adegan Credit Scene yang memperlihatkan Barry Allen keluar dari sebuah bar bersama Arthur Curry alias Aquaman. Arthur yang mabuk terjatuh ke sebuah kubangan air lalu meminta Barry untuk membelikannya lagi bir. Namun karena tidak mempunyai uang, Arthur memberikan cincin yang dia kenakan, dan mengatakan bahwa cincin adalah salah satu harta karun Atlantis. 

Apa artinya ini?

Kita tunggu film DC berikutnya.


Sumber :
https://www.greenscene.co.id/2023/06/14/spoiler-ini-penjelasan-ending-the-flash/
https://www.greenscene.co.id/2023/06/14/spoiler-penjelasan-credit-scene-the-flash/
https://kincir.com/movie/cinema/review-film-the-flash-PzwpyHHiDaW33i
https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-326772432/spoiler-sinopsis-film-the-flash-barry-menggunakan-kekuatan-supernya-ini-link-nonton-trailernya

No comments:

Post a Comment

Related Posts