Tuesday, June 6, 2023

Printer Canon iP2770 Error

Sebelumnya di rumah pakai Printer Epson L120. Cukup lama menggunakan printer ini sampai terkadang beberapa kali menghadapi masalah mulai dari Indikator Tinta Printer Epson Menyala, kemudian Head Cleaning tanpa Komputer atau Laptop, sampai Reset Printer Epson L120.

Lalu terakhir di rumah ada Printer Canon iP2770. Printer ini termasuk laptop low-end dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya printer ini memiliki kelemahan pada cartridge. Jika cartridge bermasalah kita masih bisa ganti cartridge-nya saja.

Dan hari ini lagi error dengan ditandai lampu kuning berkedip. Printer Canon iP2770 lampu kuning berkedip-kedip merupakan indikasi error pada cartridge. Biasanya masalah tersebut terjadi karena chip pada cartridge yang kotor karena cipratan tinta yang tidak sengaja terjadi saat mengisi tinta langsung pada cartridge. Ada kemungkinan juga cartridge yang rusak karena pemakaian atau karena sensor pada printer sehingga disarankan untuk mengganti cartridge.

Membersihkan chip cartridge dapat menjadi solusi mengatasi eror pada cartridge. Cara lain adalah melakukan reset untuk menyelesaikan masalah. Biasanya letak dari resetter ini berada di bagian belakang printer, berupa tombol. Dan solusi terakhir adalah dengan mengganti cartridge dengan yang baru.

Beberapa kode lampu kuning adalah sebagai berikut:

  • Lampu kuning berkedip 3 kali :adanya kertas atau benda lain menyangkut dalam mesin printer.
  • Lampu kuning berkedip 4 kali : printer telah mencapai batas pencetakan
  • Lampu kuning berkedip 5 kali : masalah pada cartridge printer
  • Lampu kuning berkedip 7 kali :  Waste Ink Pad Full, silakan bersihkan busa penyerap tinta dibagian bawah printer, lakukan reset dengan software khusus
  • Lampu kuning berkedip 13 kali : cartridge warna membutuhkan reset karena mengalami run out. Silakan tombol resume agak lama sampai lampu hijau berkedip
  • Lampu kuning berkedip 15 kali : tekan tombol resume sekitar 15 detik sampai lampu hijau pada tombol power menyala
  • Lampu kuning berkedip 16 kali : cartridge printer Canon IP2770 mengalami run out. reset cartridge warnanya, tekan tombol resume beberapa detik sampai lampu hijau berkedip.


Sumber :

https://iframelaptop.com/blog/printer-canon-ip2770-lampu-kuning-berkedip/

No comments:

Post a Comment

Related Posts