Saturday, October 5, 2013

1 Ons bukan 100 Gram


Dikutip dari sebuah web terdapat sebuah permasalahan sebagai berikut.

Seorang teman saya yang bekerja pada sebuah perusahaan asing, di PHK akhir tahun lalu. Penyebabnya adalah kesalahan menerapkan dosis pengolahan limbah, yang telah berlangsung bertahun-tahun. 

Kesalahan ini terkuak ketika seorang pakar limbah dari suatu negara Eropa mengawasi secara langsung proses pengolahan limbah yang selama itu dianggap selalu gagal.


Pasalnya adalah, takaran timbang yang dipakai dalam buku petunjuknya menggunakan satuan pound dan ounce. Kesalahan fatal muncul karena yang bersangkutan mengartikan 1 pound = 0,5 kg. dan 1 ounce (ons) = 100 gram, sesuai pelajaran yang ia terima dari sekolah. 


Sebelum PHK dijatuhkan, teman saya diberi tenggang waktu 7 hari untuk membela diri dgn. cara menunjukkan acuan ilmiah yang menyatakan 1 ounce (ons) = 100 g. Usaha maksimum yang dilakukan hanya bisa menunjukkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengartikan ons (bukan ditulis ounce) adalah satuan berat senilai 1/10 kilogram. Acuan lain termasuk tabel-tabel konversi yang berlaku sah atau dikenal secara internasional tidak bisa ditemukan.


Lalu bagaimana yang benar?

Salah satu konversi untuk satuan berat online bisa cek di http://www.onlineconversion.com/weight_common.htm

1 ounce/ons/onza = 28,35 gram

1 pound = 453 gram

Perlu diketahui bahwa satuan ukuran di dunia ini bermacam-macam, ada sistem Amerika, sistem Inggris, Sistem Metrik, dan sebagainya. Dan ada kalanya sebuah satuan memiliki nilai yang berbeda. 

Misalnya ons kita tadi, jika kita anggap bahwa nama ons itu berasal dari kata ounce (amerika ; 1 ounce = 28.35 g), onza (spanyol ; 1 onza = 27.3 g), once (prancis ; 1 once = 30.5 g), maka masing-masing juga memiliki ukuran yang berbeda.

ons
a Dutch unit of weight or mass, now used as a metric unit equal to the hectogram (100 grams, or about 3.5274 ounces).

ounce (oz or oz av) [1]
a traditional unit of weight. The avoirdupois ounce, the unit commonly used in the United States, is 1/16 pound or about 28.3495 grams. The avoirdupois ounce also equals 175/192 = about 0.911 457 troy ounce or 437.5 grains. The word ounce is from the Latin uncia, meaning a 1/12 part, because the Roman pound was divided into 12 ounces. The word "inch," meaning 1/12 foot, has the same root. The symbol oz is from the old Italian word onza (now spelled oncia) for an ounce. See avoirdupois weights for additional information.

Pemerintah kita telah mengeluarkan Undang-undang mengenai ukuran ini (UU no 2 tahun 1981), disana disebutkan ukuran-ukuran apa yang barlaku di Indonesia, yaitu mengacu kepada Standard Internasional (SI) yaitu contohnya:

Satuan panjang = meter (m)
Satuan massa = kilogram (kg)


Dalam Peraturan itu juga disebukan bahwa, Pemerintah Indonesia melarang penggunaan lambang atau sebutan ukuran selain yang terdapat dalam Undang-undang tersebut (Pasal 29 UU no 2 th 1981).


Sumber : 
http://www.sdnmenteng01.com/archives/1504#.T1rvs9FAcSc.facebook
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?ID=6649
http://www.unc.edu/~rowlett/units/dictO.html