Monday, October 7, 2013

Tips Membeli Rumah


Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Rumah

Membeli rumah merupakan investasi di masa depan dan membuat komitmen untuk tetap tinggal setidaknya untuk sementara waktu.

Anda harus membuat keputusan yang tepat, dan tidak berdasarkan pada betapa indahnya rumah tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah.

1. Situasi Keuangan  
Menurut CNN Money, Anda harus mencoba untuk menemukan rumah yang dua kali setengah gaji tahunan Anda. Misalnya, gaji tahunan Anda Rp 120 juta, maka Anda jangan memilih rumah yang biayanya lebih dari Rp 300 juta.

2. Lingkungan
Perhatikan lingkungan rumah tersebut. Apakah di lingkungan itu sering terjadi kejahatan, rawan banjir, dekat dengan klub malam, dan lain sebagainya. 

3. Faktor “Pengganggu”
Setiap rumah memiliki “gangguan”-nya sendiri. Misalnya, kucing tetangga yang suka masuk teras, setengah dahan pohon tetangga yang masuk ke halaman rumah, jalan di depan rumah yang dijadikan jalan alternatif bagi kendaraan umum, atau masalah lainnya.


Anda perlu cermat dan berhati-hati ketika membeli rumah karena membeli rumah adalah keputusan besar dan harus melalui perencanaan yang matang. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk membeli rumah:

1. Lebih cepat lebih Baik 
Jika sudah siap dalam hal materi, janganlah menunda waktu pembelian rumah. Hal ini dikarenakan harga properti yang sukar ditebak, bahkan belakangan ini cenderung mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut cukup signifikan yakni bisa mencapai 15 persen per tahun. 

2. Lokasi 
Lokasi adalah faktor penting dalam menentukan harga properti yang akan dibeli. Rumah yang berada di daerah strategis akan menjadi investasi jangka panjang yang baik. Misalnya rumah yang lokasinya tak jauh dari jalan tol. 

3. Perhitungkan jarak dari rumah ke kantor 
Jarak tempuh antara rumah dan kantor sudah pasti memengaruhi mobilitas keseharian Anda. Usahakan lokasi tempat tinggal yang akan Anda tempati tak jauh dari kantor sehingga akan menghemat biaya dan waktu.

4. Kondisi 
Carilah lokasi yang sudah dikenal aman dari tindakan kriminalisme dan turut menentukan baiknya perkembangan anak-anak kita nanti. 

5. Harga 
Sesuaikan harga rumah dengan kondisi keuangan Anda. Apabila Anda sudah memutuskan untuk mengalokasikan Rp. 200 juta untuk sebuah rumah, cobalah cek kembali banderol rumah yang dijual di wilayah sekitarnya. 


Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli rumah baru?
Mengapa orang suka memiliki rumah baru? 
Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan jika memilih rumah di sebuah perumahan baru? Berikut penjelasannya:

1. Anda tidak perlu repot melakukan survei, mencari harga tanah sesuai anggaran, juga menilai keamanan wilayah tersebut. Belum lagi, bila Anda memilih perumahan dari pengembang besar yang biasanya telah menyiapkan beragam fasilitas dan area komersil.

2. Anda tidak terlalu pusing memikirkan anggaran karena dapat memanfaatkan KPR. Anda dengan mudah bisa menempati rumah baru meski baru membayar sepertiga dari harga rumah.

3. Anda bisa mengetahui riwayat rumah sedari awal, dan pastinya  Anda mengetahui jenis material apa yang digunakan untuk membangun rumah baru itu.

4. Pilihan desain rumah yang tersedia cukup banyak, luas dan tipe-nya pun lebih banyak pilihannya.

5. Rumah di perumahan baru memberikan kemudahan bagi penguhuninya dalam merawat dan sistim pengamanannya yang lebih baik.

6. Legalitas serta dokumen rumah lebih terjamin, karena Anda bisa meminta jaminan dari pengembang. 

7. Perumahan baru yang dilengkapi dengan fasum dan fasos serta fasilitas komersial lainnya akan mendongkrak nilai tanah dan rumah dan ini akan sangat positif untuk investasi.

Next : Tips Wawancara Kredit Rumah


Sumber :
http://www.aviva.co.id
http://www.rumah123.com
http://www.tabloidnova.com