Tuesday, October 22, 2013

Panthom Goal



Kontroversi phantom goal pernah terjadi di tahun 1994. Kisah phantom goal terjadi di pertandingan Bundesliga tahun 1994, antara Bayern Munich versus Nuernberg. 

Pada sebuah momen, Bayern melakukan tendangan penjuru dan terjadi kemelut di kotak penalti Nuernberg. Ada pertarungan antara bek Bayern, Thomas Helmer, dengan kiper Nuernberg, Andreas Koepke, di garis gawang. Helmer luput, bola pun bergulir ke samping dan out.

Selama beberapa detik semua orang seperti sudah tahu bahwa Nuernberg dapat tendangan gawang. Helmer bahkan ikut membantu Koepke berdiri sebelum berbalik untuk kembali ke wilayah permainan timnya.

Akan tetapi, seisi stadion kebingungan. Wasit, atas rekomendasi hakim garis, memutuskan terjadi gol. Para pemain Nuremberg protes, sedangkan Helmer dan rekan-rekannya merayakannya walapun terkaget-kaget.


Sebuah gol "hantu" tercipta di pertandingan Bundesliga antara tuan rumah Hoffenheim melawan Bayer Leverkusen. Bahkan si "pencetaknya", Stefan Kiessling, merasa kebingungan.

Di menit 70 pertandingan, Sabtu (19/10/2013) dinihari WIB, di kotak penalti lawan Kiessling menyundul umpan silang seorang rekannya. Tapi sundulannya menyamping gawang.

Kiessling pun bereaksi kecewa karena tahu upayanya itu tidak membuahkan gol. Akan tetapi, sejurus kemudian wasit Felix Brych menyatakan gol. Kiessling sempat tampak kebingungan, tapi rekan-rekannya kemudian menghampirinya dan merayakan gol tersebut walaupun seperti setengah hati.

Dalam tayangan ulang terlihat sangat jelas bola menyamping gawang Hoffenheim. Sial untuk tuan rumah, bola menyusup melalui sebuah lubang jaring dan masuk ke dalam gawang.


Sumber : http://sport.detik.com