Sunday, November 10, 2013

10 Danau Terbesar di Dunia


1. Laut Kaspia atau Laut Mazandaran

Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asiadan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², panjang 1.199 km, kedalaman 964 m, dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar. lokasi laut kaspia berada diantara negara Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turmenistan, dan Iran.

2 Danau Superior

Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar. Dia merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan denganDanau Baikal di Siberia memiliki "volume" lebih. (Laut Kaspia jauh lebih besar, namun berisi air asin). Danau Superior memiliki luas permukaan82,000 km² (32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Czech. Dia memiliki panjang maksimum 350 mil (563 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan kedalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini adalah 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau)
Dia membatasi Ontario di Kanada, dan Minnesota, Wisconsin dan Michigandi Amerika Serikat. Dia merupakan rute pengapalan penting untuk bijih besi dan merupakan bagian dari Jalan Air Danau Besar.

3. Danau Victoria atau Victoria Nyanza

Danau Victoria atau Victoria Nyanza (juga dikenal sebagai Ukerewe) adalah salah satuDanau Besar di Afrika. Danau Victoria memiliki luas 68.870 kilometer persegi, membuatnya danau terbesar di benua Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan. Karena dangkal, danau ini masuk dalam urutan ke-7 danau air tawar dalam volume, berisi 2.760 kilometer kubik air. Dia merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift ValleyAfrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda, dan Kenya.
Ada lebih dari 3.000 pulau dalam Danau Victoria, kebanyakan tida berpenghuni. Ini termasukKepulauan Ssese di Uganda, sebuah kelompok besar pulau-pulau di barat laut danau tersebut dan menjadi sebuah tujuan pariwisata populer.

4. Danau Huron 

Danau Huron ialah salsh satu dari 5 Danau Besar Amerika. Merupakan yang ke-3 dari muara. Seperti Danau Ontario, Danau Erie, dan Danau Superior, danau ini juga dimiliki bersama antaraAmerika Serikat dan Kanada. Danau Huron memiliki panjang 200 mil (325 km) dan sedalam 750 kaki (230 m). Banyak perahu dan kapal berlalu lalang di Danau Huron, membawa barang seperti bijih besi.
Danau Huron membatasi provinsi Kanada Ontario dan negara bagian AS Michigan. Tiada kota besar di Danau Huron, namun ada beberapa kota kecil seperti Sarnia, Ontario dan Bay City,Michigan. Air yang mengalir ke luar Huron berjalan melalui sungai yang mengalir sebelum Detroit, Michigan. Lalu air itu mengalir ke Danau Erie lantas ke samudera.

5. Danau Michigan

Danau Michigan ialah salah satu dari 5 Danau-danau Besar di Amerika Utara. Memiliki wilayah permukaan 22.300 mil persegi (57750 km persegi). Panjangnya 307 mil dan luasnya 118 mil. Danau Michigan ialah danau terbesar ke-5 di dunia. Dibatasi oleh negara bagian Amerika Serikat: Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan. Kota terbesar di Danau Michigan ialah Chicago.

6.Laut Aral

Laut Aral (bahasa Kazak: Арал Теңізі Aral Teñizi; Uzbek: Orol Dengizi; bahasa Rusia: Аральскοе Мοре Aral'skoye More; bahasa Tajik: Баҳри Арал Bahri Aral; bahasa Farsi: دریاچه خوارزم Daryocha-i Khorazm) adalah danau yang terletak di Asia Tengah. Danau ini diapit oleh Kazakhstan (Provinsi Aktobe dan Kyzylorda) di utara dan Uzbekistan (Karakalpakstan) di selatan. Nama danau ini secara kasar dapat diterjemahkan menjadi "Laut Kepulauan", yang merujuk pada lebih dari 1.500 pulau yang pernah ada di danau ini.
Sebelumnya danau ini adalah salah satu danau terbesar di dunia, dengan luas 68.000 km² (26,300 mil²). Sayangnya, danau ini menyusut sejak tahun 1960-an karena sungai yang mengalir ke danau ini dialihkan ke tempat lain untuk proyek irigasi Uni Soviet. Pada tahun 2007, hanya sekitar 10% danau yang masih tersisa

Saat ini Kazakhstan mencoba menyelamatkan Laut Aral Utara. Maka proyek bendungan diselesaikan pada tahun 2005. Pada tahun 2008, permukaan air kembali meninggi. Kadar garam berkurang, dan ikan-ikan kembali bermunculan. Akan tetapi, nasib Laut Aral Selatan masih suram.Industri perikanan pernah berkembang di tempat ini, tetapi industri ini telah hancur akibat penyusutan danau. Wilayah Laut Aral juga tercemar, sehingga mengakibatkan munculnya masalah kesehatan. Penyusutan danau dilaporkan mengakibatkan perubahan iklim lokal. Musim panas menjadi lebih panas dan kering, sementara musim dingin berlangsung lebih panjang dengan suhu yang lebih dingin.

Menyusutnya Laut Aral telah dijuluki sebagai "salah satu bencana lingkungan terburuk di planet ini".

7. Danau Tanganyika

Danau ini berada di Western Rift di daerah Great Rift Valley dan dilingkupi oleh dinding pegunungan dari ngarai tersebut. Danau ini merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau nomor 2 terdalam di dunia serta menyimpan cadangan air tawar terbesar. Panjangnya membentang sekitar 673 km pada arah Utara-Selatan dan lebar rata-rata 50 km. Danau ini melingkupi area seluas 32,900 km², dengan panjang garis tepi sebesar 1,828km serta kedalaman rata-rata 570 m dengan kedalaman maksimum 1,470 m (di cekungan paling utara) menyimpan cadangan air dengan volume perkiraan sebesar 18,900 km³. Suhu di permukaannya sekitar 25 °C dan mempunyai pH rata-rata 8.4.
Letaknya yang di daerah tropis dan kedalamannya yang sangat besar mencegah terjadinya 'turnover' dari massa air, sehingga air yang berada di bagian dalam menjadi apa yang dikenal sebagai 'air fosil' dan bersifat anoksik (kurang oksigen). Areal tangkapan danau sebesar231,000 km², dengan 2 sungai utama yang mengalir menuju danau dan beberapa sungai-sungai dan aliran yang lebih kecil dan satu aliran keluar yang utama yaitu Sungai Lukuga.
Sumber air utama berasal dari Sungai Ruzizi, masuk di sebelah utara melalui Danau Kivu, dan Sungai Malagarasi, yang merupakan sungai terbesar kedua di Tanzania, masuk melalui sisi timur Danau Tanganyika.

8. Danau Baikal

Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul" - "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia". Dalam bahasa Russia, dia disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berartiDanau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau "Laut suci".

9. Danau Great Bear

Great Bear Lake terletak di provinsi Northwest Territories. Ini merupakan danau terbesar di Kanada. Danau besar adalah Danau Superior dan Danau Huron, namun sebagian mereka di Amerika Serikat. Great Bear Lake adalah danau terbesar ketiga di Amerika Utara dan ketujuh di dunia. Area danau adalah 31.153 km², isi 2236 km³, dan kedalaman maksimum adalah 446 meter. Danau di sebelah kiri ke dalam sungai Great Bear River dan selanjutnya ke Sungai Mackenzie. Pada tahun 1930 muncul di wilayah Danau Labin Gilbert uranium deposito. Di kota Mei menunjuk sejumlah tempat-tempat wisata, seperti Taman Nasional Tuktut Nogait km tentang 316.

10. Danau Malawi (Nyasa)

Danau Malawi (juga dikenal sebagai Danau Nyasa di sebagian besar negara, atau Danau Nyassa, Danau Niassa, atau Lago Niassa di Mozambik), adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur. Danau ini adalah danau terbesar ketiga di Afrika dan danau terbesar kedelapan di dunia yang terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania. Danau ini juga merupakan danau terdalam kedua di Afrika, namun sifat tenang di pantai utara tidak memberikan tanda-tanda kedalamannya. Danau yang besar ini dilaporkan perairan tropis merupakan habitat lebih spesies ikan dari danau lain di Bumi. 
Danau Malawi atau Danau Nyaza adalah danau yang memiliki panjang antara 560 dan 580 kilometer, dan lebarnya adalah sekitar 75 kilometer. Luas permukaan total danau ini adalah sekitar 29.600 kilometer persegi dari garis pantai danau di barat Mozambik, Malawi timur, dan selatan Tanzania. Sungai terbesar yang mengalir ke danau ini adalah Sungai Ruhuhu. Danau air tawar besar ini memiliki aliran keluar utama, yakni Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi. 
Danau Malawi terletak di Great Rift Valley yang dibentuk oleh pembukaan lembah Afrika Timur, di mana lempeng tektonik Afrika sedang terbagi menjadi dua bagian. Hal ini disebut lempeng tektonik divergen batas. Danau Malawi atau Nyaza itu sendiri terbentuk sekitar 40.000 tahun atau sekitar satu-dua juta tahun. 

sumber : 
id.wikipedia.org
http://jejakalambebas-nature.blogspot.com