Thursday, November 14, 2013

4 Tipe Team Member: Doing, Leading, Loving, dan Learning


Dalam sebuah tim terdapat 4 gaya bekerja, yaitu sebagai berikut:

1. Doing
Tipe pertama ini merupakan tipe eksekutor. Mereka selalu bersemangat untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang diberikan, sehingga mampu menghasilkan hasil yang maksimal dan tentu saja tepat waktu. Mereka biasanya memiliki fokus yang intens dan bekerja secara teliti. Tidak jarang karena terlalu fokus, biasanya mereka lupa untuk mencari dan menkomunikasikan apa yang mereka kerjakan. Mereka dalam tipe ini cenderung untuk bekerja dan berlama – lama di dalam kantor, dan tidak terlalu banyak pemikiran, terutama akan dunia luar.

2. Leading
Pemimpin adalah seseorang yang sangat dibutuhkan untuk memimpin sebuah pekerjaan, terutama dalam kerja tim. Pemimpin adalah seseorang yang menciptakan sebuah visi dan mampu memotivasi orang lain agar lebih percaya diri dalam pekerjaannya. Meskipun pemimpin memiliki hak untuk memberi perintah kepada anggotanya, tapi seorang pemimpin juga berhak bekerja berdasarkan masukan dari orang lain, bukan hanya memerintah. Namun terkadang beberapa pemimpin jarang turun langsung dalam sebuah pekerjaan, sehingga tidak jarang mereka lupa tentang siapa saja yang mengikuti mereka.

3. Loving
Orang dengan tipe berikut ini bisa dikatakan adalah orang yang penuh kasih. Mereka lebih menyukai kerja secara bersama – sama, menjalin sebuah relasi/hubungan dan melakukan setiap pekerjaan secara harmonis. Ketika orang dalam tipe berikut ini bekerja dalam sebuah tim, mereka cenderung memiliki sifat yang sensitif dan empatik, terutama dalam kelompoknya. Jika anda ingin mengetahui perasaan orang dalam sebuah tim, anda bisa menanyakan pada tipe ini. Tapi ini tidak membuat orang dengan tipe ini terlihat hebat dalam pekerjaannya hanya karena dia mampu terlihat hebat atas empatinya terhadap anggota kelompoknya.

4. Learning
Tipe pekerja yang satu ini adalah seorang pembelajar. Mereka adalah orang yang cermat dan peneliti terhadap masalah yang sedang dihadapi tim. Bisa dikatakan mereka adalah seorang analyst untuk pekerjaan mereka. Setiap orang dengan tipe ini adalah orang yang cenderung disiplin dan teliti dalam menyelesaikan pekerjaannya. Strategi bekerja mereka adalah memecahkan permasalahan berdasarkan teori yang sudah dipelajari sebelumnya. Mereka terlihat mampu menyelesaikan pekerjaan mereka, karena mampu berfikir lebih keras dari orang lain. Namun pada kenyataannya, tipe seperti ini juga membutuhkan seorang eksekutor untuk mengeksekusi pemikirannya.

Setiap orang memiliki cara dan kepribadian dalam bekerja masing masing. Kita tidak bisa menyelesaikan pekerjaan besar hanya dengan satu tipe saja. Itulah fungsi dari kerja tim. Keempat tipe sangat saling berhubungan. Anggota tim yang baik adalah mereka yang mampu menyesuaikan gaya kerja mereka secara situasional. Itulah kenapa satu kata, yaitu Profesionalisme sangat dituntut dalam dunia kerja.

Sumber : http://mediabisnisonline.com