Sunday, November 10, 2013

10 Jembatan Terpanjang di Dunia


1. Danyang-Kunshan Grand Bridge, Cina
Danyang-Kunshan Grand Bridge tercatat sebagai jembatan terpanjang di dunia yang terletak di antara Shanghai dan Nanjing, Cina. Jembatan sepanjang 164,8 kilometer ini berfungsi sebagai jalur kereta cepat Beijing-Shanghai. Sesuai dengan namanya, Danyang-Kunshan Grand Bridge bermula di kota Danyang dan berakhir di Kunshan. Sebagian jembatan membentang sejajar dengan aliran sungai Yang Tze, sementara sebagian lainnya membelah danau Yangcheng di kota Suzhou.

2. Tianjin Grand Bridge, Cina
Tianjin Grand Bridge atau Jembatan Besar Tianjin memiliki total panjang 113,7 kilometer. Jembatan yang dibangun pada tahun 2010 ini tercatat sebagai jembatan terpanjang kedua dunia versi Guinness World Record. Sama seperti Danyang-Kunshan Grand Bridge, Tianjin Grand Bridge juga merupakan bagian dari jalur kereta cepat Beijing-Shanghai. Jembatan ini menghubungkan kota Langfang dan Qingxian (Qing County).

3. Weinan Weihe Grand Bridge, Cina
Weinan Weihe Grand Bridge merupakan jembatan terpanjang ketiga dunia yang membentang sepanjang 79,73 kilometer. Dulunya, jembatan yang menghubungkan kota Zhengzhou dan Xi’an di Cina ini dinobatkan sebagai jembatan terpanjang dunia. Namun, posisi tersebut direbut oleh dua jembatan baru di Cina yaitu Tianjin dan Danyang-Kunshan Grand Bridge. Weinan Weihe selesai dibangun pada 2008 dan dibuka untuk umum tahun 2010.

4. Bang Na Expressway, Thailand
Bang Na Expressway, juga dikenal sebagai Bang Na – Bang Phli – Bang Pakong Expressway atau Burapha Withi Expressway, adalah sebuah jembatan yang berfungsi sebagai jalan tol di Thailand. Total panjang Bang Na Expressway mencapai 55 kilometer sehingga jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Thailand dan terpanjang keempat di dunia. Jembatan kebanggaan Thailand ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2000.

5. Beijing Grand Bridge, Cina
Predikat jembatan terpanjang kelima dunia kembali diraih oleh sebuah jembatan di Cina yaitu Beijing Grand Bridge. Dengan panjang maksimal 48,15 kilometer, Beijing Grand Bridge tercatat lebih panjang dibandingkan mayoritas jembatan yang ada di dunia. Jembatan yang terletak di kota Beijing ini juga merupakan bagian dari jalur kereta cepat Beijing-Shanghai di Cina. Selesai dibangun pada tahun 2010, Beijing Grand Bridge baru bisa diakses oleh publik mulai tahun 2011.

6. Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat
Lake Pontchartrain Causeway, juga dikenal sebagai The Causeway, adalah jembatan yang membentang di atas Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Jembatan sepanjang 38,35 kilometer ini berujung di Metairie dan Mandeville di negara bagian Louisiana. Lake Pontchartrain Causeway menempati posisi teratas dalam daftar jembatan atas air terpanjang di dunia sejak tahun 1969. Namun, posisinya tersebut tersaingi oleh Jiazohou Bay Bridge yang terletak di Cina.

7. Manchac Swamp Bridge, Amerika Serikat
Jembatan panjang yang satu ini juga berlokasi di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat. Manchac Swamp Bridge memiliki panjang total 36,69 kilometer sehingga tercatat sebagai salah satu jembatan atas air terpanjang di dunia. Tiang-tiang yang membentuk Manchac Swamp Bridge terendam di bawah air hingga ketinggian 76 meter. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ini mencapai US$7 juta (Rp68 miliar) per mil.

8. Yangcun Bridge, Cina
Salah satu jembatan di Cina, Yangcun Bridge, kembali masuk ke dalam daftar 10 jembatan terpanjang di dunia. Yangcun Bridge yang memiliki panjang 36,71 kilometer merupakan bagian dari jalur kereta antarkota Beijing-Tianjin.

9. Hangzhou Bay Bridge, Cina
Hangzhou Bay Bridge menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang, Cina. Diselesaikan pada tahun 2007, Hangzhou Bay Bridge baru dibuka untuk umum pada 1 Mei 2008. Jembatan di pesisir pantai timur Cina ini membentang sepanjang 35,673 kilometer. Dengan dibukanya Hangzhou Bay Bridge, waktu tempuh antara Ningbo dan Shanghai berkurang dari 4 jam menjadi hanya 2,5 jam saja.

10. Runyang Bridge, Cina
Runyang Bridge merupakan jembatan yang membentang di atas sungai Yangtze dan menghubungkan kota Zhenjiang dan Yangzhou di Cina. Dengan panjang maksimal 35,66 kilometer, Runyang Bridge menjadi bagian dari jalan tol Beijing-Shanghai. Runyang Bridge merupakan jembatan ketujuh di Cina yang termasuk ke dalam daftar 10 besar jembatan terpanjang di dunia.

Sumber : http://www.voucherhotel.com