Thursday, June 26, 2014

Transformers Series


Transformers

Terjadi peperangan di planet Cybertron antara Autobot dan Decepticon. Perang ini membuat AllSpark terlempar ke angkasa luar dan jatuh di Bumi. Namun sepertinya semua sudah terlambat, sebab para Decepticon telah berada di Bumi, mencari kesempatan untuk bisa menemukan Kubus tersebut.

Kesempatan itu pun akhirnya tiba. Blackout mendatangi sebuah markas Angkatan Udara Amerika Serikat yang berada di Qatar. Ia kemudian menghancurkan markas tersebut, membunuh seluruh tentara yang berada di dalamnya. Tujuan utamanya adalah menyusup ke dalam jaringan data militer AS untuk mencari informasi keberadaan Kubus tersebut. Namun, segala usahanya mampu digagalkan. 

Tidak puas akan kegagalannya, ia kemudian melepaskan Scorponok dari punggungnya. Robot kalajengking tersebut terus bergerak mencari tentara yang mampu melarikan diri dari pembantaian di markas. Setelah kegagalan tersebut, Frenzy menyusup ke dalam pesawat kepresidenan AS, Air Force One. 

Kali ini, ia berhasil mencari informasi yang dicari oleh Decepticons: keberadaan Megatron, keterlibatan Sektor Seven, serta kacamata leluhurnya yang dilelang oleh Sam Witwicky. Dalam kacamata tersebut tersimpan koordinat di mana Kubus itu berada.

Sementara itu jauh di daratan AS, kehidupan Sam mulai memasuki babak baru setelah ia lulus ujian presentasi. Sebagai hadiah, ayahnya membelikannya sebuah mobil baru yang ternyata bisa berubah menjadi sebuah robot bernama Bumblebee

Pada awalnya, ia sempat kaget akan apa yang dilihatnya ketika Bumblebee berdiri tegak di hadapannya, sehingga pada akhirnya ia terjebak oleh pengejaran Barricade. Barricade menyerangnya, menginterogasinya, dan menanyakan keberadaan kacamata leluhurnya. 

Pada saat genting, Bumblebee menyelamatkannya bersama dengan Mikaela Banes, teman wanita Sam yang terjebak dalam situasi itu. Pengejaran pun terjadi antara Bumblebee dan Barricade, yang menandakan awal pertempuran antara Autobots dan Decepticons di bumi. Pada suatu pertarungan satu lawan satu, Barricade melepaskan Frenzy untuk memburu Sam. 

Walaupun Barricade mampu dikalahkan, Frenzy akhirnya tetap selamat dengan cara menyamar menjadi handphone milik Mikaela. Kini, Frenzy ikut bersama Sam, Mikaela, dan Bumblebee ke mana pun mereka pergi.

Di saat yang sama, Optimus Prime, Jazz, Ratchet, dan Ironhide tiba di bumi. Mereka bertemu dengan Sam dan Mikaela, setelah Bumblebee mempertemukan mereka semua di sebuah gang kecil di tengah kota. Para Autobots juga ternyata sedang mencari keberadaan Kubus tersebut, berusaha untuk menghancurkannya agar perang bisa berakhir. Untuk itu, Sam harus mencari kacamata leluhurnya yang masih disimpan di rumahnya. 

Namun sayang, walaupun Sam berhasil menemukannya, agen-agen Sektor Seven mendatangi rumahnya dan menangkap seluruh anggota keluarganya, termasuk dirinya dan Mikaela. 

Ketika para Autobots mencoba menyelamatkannya, Bumblebee mampu dilumpuhkan oleh pasukan elite Sector Seven. Baik Sam, Mikaela, maupun Bumblebee akhirnya dibawa ke bendungan Hoover, di mana Kubus tersebut berada. Ternyata lokasi Kubus itu tidak terlalu jauh dari tempat di mana Megatron dibekukan selama ratusan tahun.

Setelah mengetahui keberadaan Kubus tersebut, Frenzy lalu mengontak para Decepticons bahwa Kubus itu telah ditemukan. Starscream, Barricade, Brawl, Bonecrusher, dan Blackout pun langsung bergerak. Starscream menyerang Hoover Dam, menyelamatkan Megatron dari kebekuannya selama ratusan tahun. 

Merasa ancaman besar sudah berada di depan mata, Sector Seven setuju untuk melepaskan Bumblebee, membiarkannya mengamankan Kubus itu dari tangan Decepticons

Megatron akhirnya menyadari bahwa Kubus itu telah dibawa oleh Sam, Mikaela, dan Bumblebee ke Mission City. Bumblebee pun kembali bergabung dengan Optimus Prime, Jazz, Ratchet, dan Ironhide

Di tengah perjalanan ke Mission City, mereka dihadang oleh Bonecrusher dan Barricade. Keduanya kemudian dikalahkan oleh Optimus Prime setelah kepala mereka terpenggal dalam pertempuran di jalan tol.

Setibanya mereka di Mission City, para Decepticons yang tersisa mulai berkumpul akhirnya berhadap-hadapan dengan para Autobots yang dibantu oleh tentara AS. Brawl berhadap-hadapan dengan Jazz, Ratchet, Ironhide, serta tentara AS yang menyertai mereka. Blackout kadang-kadang menyerang para Autobots sesekali, namun tidak mampu melumpuhkan Autobot apapun. 

Starscream lebih banyak membantu Megatron dalam usahanya meraih Kubus yang diamankan oleh Sam. Jazz tewas ketika tubuhnya dibelah dua oleh Megatron. Optimus Prime pada akhirnya berhadap-hadapan satu lawan satu dengan Megatron, walaupun pertarungan seakan didominasi oleh kekuatan Megatron

Satu per satu, Brawl dan Blackout tewas dalam pertempuran. Hanya Sam lah yang akhirnya mampu membunuh Megatron dengan memasukkan Kubus tersebut ke dadanya.

Di akhir film, seluruh mayat para Decepticon diceburkan ke Palung Laurentian, palung terdalam di dunia. Diharapkan agar tubuh mereka hancur dihantam tekanan air yang luar biasa. Namun, Starscream mampu selamat dari pertempuran. 

Dia terbang melesat ke angkasa luar, mengabarkan kekalahan yang dialami pada Decepticon kepada Fallen, tetua para Decepticon. Fallen ingin membalaskan dendam terhadap Bumi, manusia, dan para Autobot, namun itu terjadi di fim kedua, Revenge of the Fallen.




Transformers: Revenge of the Fallen

Autobot telah diterima kehadirannya oleh Militer Amerika, namun masih dirahasiakan dari masyarakat umum. Bersama-sama, antara militer dan Autobot mereka membentuk unit rahasia (disebut NEST) dengan tujuan utama adalah untuk menghentikan dan memburu Decepticon di seluruh dunia. 

Di Shanghai - China, dengan menyamar sebagai kebocoran gas, pemerintah China mengosongkan kota Shanghai sehingga gabungan pasukan Manusia dan Autobot dapat berperang melawan Decepticon

Di sinilah kembali terlihat aksi kejar-kejaran, pertempuran, dan tembak-tembakan. Dan akhirnya pasukan Decepticon dapat dikalahkan. Namun, sebelum musnah, salah satu Decepticon mengatakan “The Fallen Shall Rise Again”.

Di sisi lain, kehidupan dari Sam Witwicky yang akan melanjutkan kehidupannya di bangku kuliah. Di sela-sela kesibukan dia berkemas-kemas, tanpa sengaja Sam menjatuhkan dan menyentuh potongan All Sparks yang disimpan dari pertempuran sebelumnya (Transformers 1). Di sinilah terjadi perpindahan pengetahuan, dari All Sparks ke otak Sam. 

Sebuah kecelakaan kecil juga terjadi begitu potongan tersebut terjatuh dan menyebabkan semua peralatan dapur di rumah Sam menjadi robot serta menyerang mereka sekeluarga. Untung akhirnya ada BumbleBee yang menyelamatkan, walaupun menyebabkan kerusakan parah di rumah mereka. 

Sam akhirnya meninggalkan Bumblebee. Termasuk meninggalkan Mikaela yang menjadi pacarnya harus tetap tinggal di kota tersebut melanjutkan bengkel ayahnya yang masih dipenjara.

Autobot dan pasukan Militer yang memperoleh penentangan dari Penasehat Militer Amerika terhadap kehadiran Autobot. Dia beralasan bahwa serangan Decepticon yang semakin gencar di seluruh dunia disebabkan oleh kehadiran Optimus Prime dan kawan-kawannya sehingga untuk menghentikan serangan tersebut, maka Optimus harus meninggalkan bumi. 

Namun, tanpa mereka sadari, sebuah robot Decepticon melakukan penyadapan terhadap satelit militer dan berhasil memperoleh informasi mengenai lokasi potongan All Spark lain yang disimpan oleh militer dan lokasi Megatron dikuburkan.

Saat itu, Decepticon melaksanakan misi untuk merebut potongan All Spark dan menghidupkan kembali Megatron. Megatron yang setelah dihidupkan segera meluncur ke markas Decepticon menemui Starscream yang mengambil alih pimpinan sejak Megatron mati serta menemui Fallen, salah satu Decepticon tertua dan merupakan saudara dari Optimus Prime dan merupakan pimpinan tertinggi Decepticon

Di sinilah Megatron memperoleh informasi, bahwa kalaupun Cube telah dihancurkan, namun pengetahuan dari cube tersebut telah berpindah ke otak Sam, utamanya pengetahuan tentang sumber tenaga Energon yang mampu menghancurkan matahari.

Di sisi lain, Optimus Prime menemui Sam dan meminta agar Sam dapat membantu Optimus Prime berbicara dengan pimpinan manusia, namun, permintaan Optimus ini ditolak oleh Sam yang menyatakan tidak ingin terlibat lagi dengan pertempuran apapun dan ingin menikmati kehidupan sebagai manusia normal. Optimus akhirnya beralih dan pergi namun mengingatkan bahwa Sam tidak akan bisa menghindari takdirnya.

Tanpa Sam sadari, dia sekarang menjadi target utama Decepticon, termasuk pendekatan yang dilakukan oleh sebuah robot yang mampu berubah menjadi wanita cantik. Saat Sam sedang digoda dan hampir terbunuh, datanglah Mikaela yang membantu Sam. Decepticon itu mengejar Sam dan Mikaela. Tak sengaja teman kuliah Sam, Leo, ikut dalam pertempuran ini. Mereka pun dibawa menghadap Megatron

Megatron pun mencoba mengoperasi otak Sam. Saat Sam dalam kondisi terdesak, datanglah Optimus Prime dan Bumblebee. Optimus membawa Sam pergi dan Megatron ikut mengejarnya dan mereka bertarung di sebuah hutan. Megatron yang terdesak memanggil Decepticon lain termasuk Starscream. Dan keadaan pun berbalik. Prime yang terjatuh bangkit kembali dan mengalahkan satu persatu Decepticon.

Namun saat berhasil mengalahkan yang terakhir, Prime ditusuk dari belakang oleh Megatron. Tubuh Prime meledak dan ia pun tewas. Autobot yang lain pun datang dan bertarung dengan Decepticon, sementara Bumblebee membawa Sam dan kedua temannya kabur.

Saat itulah Sam sadar, bahwa dalam otaknya ada informasi amat penting yang mampu menghancurkan dunia dengan mengaktifkan mesin Energon, penghancur matahari, dan benda yang disebut Matrix of Leadership yang merupakan kunci dari Energon serta kunci untuk menghidupkan kembali Optimus Prime

Decepticon datang ke bumi dengan dipimpin oleh Fallen, dan dengan memanfaatan Satelit, The Fallen mengadakan siaran langsung ke seluruh daerah di Bumi,mereka menyatakan akan menghancurkan Bumi jika tidak menyerahkan Sam.

Akibatnya Sam menjadi buronan paling dicari.Saat Sam bertanya pada 2 robot Autobot, mereka tidak tahu tentang kode yang ada di otak Sam. Mereka mengatakan kalau hanya Autobot Generasi tua yang tahu tentang kode itu. Leo mengusulkan untuk bertemu dengan "Robo Warrior" orang yang mengetahui banyak kode dan alien. 

Ternyata setelah menemui Robo Warrior itu adalah Simmon, mantan anggota S7, yang telah dibubarkan setelah Megatron tewas. Simmon ternyata mempunyai banyak data yang menyatakan bahwa Autobot maupun Decepticon telah datang sejak puluhan ribu tahun yang lalu. 

Tapi mereka tetap tak tahu dimana mencari Robot yang mampu menerjemahkan kode di otak Sam. Mikaela yang membawa salah satu robot Decepticon pun akhirnya menyuruh robot itu untuk memberitahu lokasinya. Ternyata disebuah museum milik angkatan udara Amerika terdapat robot tua itu. 

Dengan potongan All Spark mereka menghidupkan robot Decepticon yang bernama Jetfire itu. Dengan berbagai perdebatan, robot itu dengan teleportase mengantarkan mereka didaerah mesir. Dengan petunjuk yang sedikit, mereka mencari dimana matrix berada.


Akhirnya matrix itu telah ditemukan. Tetapi tiba-tiba berubah menjadi abu. Tapi Sam tetap percaya bahwa matrix itu akan bekerja menghidupkan Optimus Prime. Pasukan marinir yang membawa jasad Optimus dan pasukan Autobot yang tersisa segera menuju ke Mesir untuk membantu Sam. Mengetahui hal tersebut, pasukan Decepticon dengan kekuatan penuh juga menyerang dan mencoba menghentikan Sam menghidupkan Optimus Prime

Saat itulah Sam yang terlibat dalam pertempuran terkena ledakan. Sam yang tidak bernapas lagi, di dalam mimpinya bertemu dengan Prime Bersaudara, mereka mengucapkan terima kasih dan menyuruh Sam memenuhi takdirnya. 

Tak disangka, matrix yang sebelumnya menjadi abu kembali ke bentuk semula. Optimus pun coba di bangkitkan, namun Fallen datang dan merebut matrix dari tubuh Optimus. Optimus yang masih mempunyai sedikit tenaga tak bisa melakukan apa-apa. 

Sedangkan Fallen mulai mengaktifkan mesin Energon. Saat inilah Robot tua yang membantu Sam, membantu Optimus dengan memberikan spark miliknya. Tubuh Optimus dan Jetfire pun menyatu,dan berubah menjadi bentuk Jetprime. Dengan cepat Optimus terbang menuju Piramid yang terdapat senjata itu dan menembaknya. 

Optimus dan Fallen pun terjatuh ke sebuah reruntuhan kuil. Megatron mengikuti Optimus dan bertarung dengannya. Megatron kalah dan tangannya hancur. Optimus kembali bertarung dengan Fallen. Dengan cepat Optimus bisa mengalahkan Fallen dan mengahancurkan wajahnya dan berkata "I rise,You fall". Tetapi Megatron dan Starscream kabur. Dan Sam pun melanjutkan kuliahnya lagi.




Transformers: Dark of the Moon

Kisah diawali peperangan antara Decepticons dan Autobots di planet mereka sendiri Cybertron , karena kalah jumlah, kekalahan Autobots sudah dipastikan namun salah satu kapal Autobots melarikan diri dari peperangan dan membawa kargo rahasia yang menjadi kunci dari keutuhan planet mereka Cybertron tetapi kapal tersebut dikejar dan tertembak oleh kapal Decepticons, berakibat jatuh di Bulan,

Pemerintah Amerika mengetahui akan hal ini, merekapun meluncurkan pesawat Apollo 11 beserta dua awak kapal, dan mendarat dibulan untuk memeriksa. Mengetahui ada sesuatu aneh dibulan, mereka merahasiakan atas apa yang ada di Bulan hingga pemerintah AS dan NEST (oganisasi rahasia dengan anggota para Autobots dan militer AS) mengetahuinya, sampai pada akhirnya Optimus Prime dan Ratchet memeriksa ke bulan, ternyata kapal yang jatuh membawa Sentinel Prime dan pilar-pilar jembatan waktu yang dibuat oleh Sentinel Prime sendiri, karena masih saudara Sentinel dibawa ke Bumi oleh Optimus Prime dan dibangkitkan kembali dengan Matrix of Leadership dari Optimus.

Namun itu adalah rencana Megatron yang bekerja sama dengan Sentinel Prime, yang akan membawa Cybertron kebumi dengan pilar jembatan. Yang bisa menghidupkan Sentinel hanyalah Optimus Prime dengan Matrix, rencana berjalan lancar, karena pilar-pilar hanya bisa dikendalikan oleh Sentinel Prime, disisi lain Sam sedang mencari pekerjaan dan ia rindu dengan Bumblebee dan pertarungan akan sengit disini.

Ketika Sam bekerja sama dengan Simmons mantan ketua Sektor 7 menyelidiki apa yang ada dibulan dan rencana Megatron dengan Sentinel Prime, mengetahui hal itu Sam menghubungi ketua NEST agar melindungi Sentinel Prime dengan maksud menjauhkannya dengan Megatron namun semua terlambat, Sentinel mengobrak abrik markas NEST untuk mencari 5 pilar yang ikut dibawa Optimus Prime bersama Sentinel Prime dari bulan ke bumi.

Setelah menemukannya ia lantas lari, dari markas, Ironhide yang diperintahkan melindungi Sentinel Prime ditembak dari belakang oleh Sentinel dan tewas. Sentinel pun melarikan diri serta menemui Megatron di tengah kolam gedung putih Sentinel membuka jembatan waktu dengan mengaktifkan 5 pilar tersebut. 

Jembatan terbuka, para Decepticons yang bersembunyi di bulan menuju bumi melalui jembatan tersebut dan membawa sisa pilar-pilar yang lain yang jumlah aslinya ada 100 pilar. Di sini Optimus Prime serta beberapa Autobot mencegah, namun mereka kalah jumlah.

Keesokan harinya Sentinel Prime mengerahkan para Decepticons menyebarkan pilar ke seluruh dunia, membangun dan menyalakan jembatan waktu yang besar untuk membawa Cybertron ke Bumi, tak kalah Megatron mengeluarkan ultimatum dengan maksud para Autobots meninggalkan Bumi yang sebenarnya adalah jebakan saja, disaat yang sama Sam terjebak musuh, pacarnya disandera, Sam juga dipakaikan jam tangan berupa robot Decepticons untuk memata-matai Optimus Prime apakah ada perlawanan dari Autobots, tapi ternyata tidak. 

Para Autobots menaiki pesawat meninggalkan Bumi, tetapi di tengah atmosfer, pesawat ditembak oleh Starscream dan hancur, melihat itu Sam sangat sedih karena ia pikir mobil kesayangannya Bumblebee & Autobots tewas.


Tetapi dalam diri Sam tetap akan melawan Decepticons, dan menyelamatkan pacarnya,dengan bantuan prajurit NEST serta militer Amerika, di tengah pertempuran secara sembunyi-sembunyi Sam dan kawannya ditembaki, pesawat kecil yang dapat dinaiki seorang Decepticons, namun para Autobots tiba-tiba muncul dan menyelamatkan mereka. 

Rupanya Autobot sudah membuat rencana sembunyi di roket pendorong utama pesawat dan pesawat tersebut akan jatuh jika sudah habis daya dorongnya. Autobots jatuh ke antartika dan selamat, sementara pesawat yang ditembak Starscream merupakan pesawat kosong yang tak berpenumpang. 

Akhirnya perang pun semakin sengit di antara mereka dan Autobot, yang bekerjasama dengan pasukan manusia berhasil membunuh banyak Decepticon terutama Barricade, Laserbeak, dan Starscream. Kemudian, Optimus berhasil menghancurkan pilar pengendali, membuat semua Decepticon yang sedang diangkut ke Bumi meledak. 

Tak lama, Optimus dan Sentinel pun bertarung dan Sentinel berhasil memotong lengan kanan Optimus dan hendak menghabisinya ketika Megatron menyerang dan mengalahkan Sentinel karena ia menganggap Sentinel berkhianat dan berniat mengambil alih kepemimpinan Decepticon darinya. 

Megatron mencoba menawarkan perdamaian dengan Optimus, namun Optimus memutuskan membunuhnya. Kemudian, Sentinel memohon Optimus menyelamatkan nyawanya. Tetapi, Optimus memutuskan mengambil meriam milik Megatron dan menghabisinya. Akhirnya, Carly dan Sam bersatu kembali dan Autobots akhirnya menerima bahwa Bumi adalah rumah baru mereka.