Tuesday, June 24, 2014

Vested Interest


Dalam pengertian sosial vested interested adalah pengendalian sosial yang untuk mengendalikan situasi sehingga tidak mengancam kepentingan-kepentingan yang telah tertanam kuat. 

Ciri-ciri vested interest ini terdapat atau adanya kepentingan-kepentingan yang telah tertanam dengan kuat sekali. Golongan ini sangat sukar sekali melepas kedudukannya sehingga menghalangi proses perubahan sosial.

Pada umumnya dan biasanya dalam kehidupan kita terdapat kelompok yang berusaha untuk mengontrol suatu sistem sosial atau kegiatan untuk keuntungan pribadi, kepentingan ini biasanya tertanam dengan kuat sekali pada sekelompok orang tersebut. Kelompok ini merupakan kelompok yang sudah mapan dan biasanya tidak mengkehendaki terjadinya perubahan karena takut posisinya terancam, takut hidup susah.

Sehingga jika kita mau melakukan perubahan akan sangat sulit karena jika diibaratkan seperti "memompa ban kempis", sekuat apapun pompa yang kita punya, ban tidak akan tidak pernah terisi dengan cukup, akan selalu kurang. Jika dipaksakan untuk berjalan, maka kendaraan dari ban tersebut akan tidak maksimal. 

Maka agar optimal harus ada orang yang berani dan mampu membuat perubahan dan perbaikan, yaitu dengan "menambal kebocoran".


Sumber :
https://id.answers.yahoo.com
http://glosarium.org
http://cafestudi061.wordpress.com
http://vieska-vieska.blogspot.com
http://halindamuliaarti.blogspot.com