Thursday, August 10, 2017

Manajemen

Pagi ini perlu refresh dan retreat dengan membaca artikel mengenai Manajemen Strategis, Taktis dan Operasional. Berikut aku rangkum agar fresh kembali.

Manajemen adalah rangkaian aktivitas mulai dari perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian terhadap sumber daya (resource) sehingga dapat mencapai tujuan dengan efektif serta efisien.

Strategic
Strategic Planning atau perencanaan strategis adalah pembuatan keputusan mengenai sasaran dan strategi jangka panjang dari suatu organisasi yang berorientasi eksternal yang kuat dan mencakup bagian yang besar dari organisasi. Keputusan Strategis dibuat oleh manajemen puncak dalam sebuh perusahaan.

Strategi lebih menjelaskan arah yang akan dituju perusahaan dan menuntun pengalokasian sumber daya dan upaya. Strategi menyediakan logika yang mengintegrasikan perspektif departemen fungsional dan unit operasional serta mengarahkan mereka semua pada arah yang sama.


Tactical
Tactical Planning atau perencanaan taktis lebih berfokus pada tindakan-tindakan utama yang harus dilakukan sebagai bagian dari rencana strategis. Keputusan taktis dibuat oleh manajemen menengah.

Taktik merupakan tindakan jangka menengah yang dilakukan untuk menerapkan strategi yang lebih luas sehingga dapat mencapai tujuannya.


Operational
Operational planning atau perencanaan operasional yaitu dengan meng-identifikasi prosedur-prosedur dan proses-proses spesifik yang diperlukan pada tingkatan yang lebih rendah dalam organisasi. Keputusan operasional adalah keputusan yang dibuat oleh tingkat manajemen yang paling bawah, misalnya operator mesin di lantai produksi.


Sumber :
http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manajemen-dalam-organisasi-terlengkap/
http://aliakbar29.blogspot.co.id/2011/12/perencanaan-strategis.html
https://brainly.co.id/tugas/103865
http://www.pendidikanekonomi.com/2013/01/rencana-pemasaran-taktis-dan-strategis.html