Friday, September 22, 2017

Camera Cafe

Jumat malam sambil melepas penat setelah 1 minggu kerja paling enak berbaring di sofa sambil nonton TV. Sewaktu ganti-ganti channel aku lihat di channel Net.TV program acara Ini Talkshow yang dipandu oleh Sule dan Andre.

Nama yang terakhir memang dulunya lebih dikenal sebagai penyanyi grup band Stinky. Namun yang paling aku ingat sosok Andre Taulany setelah lepas dari penyanyi adalah acara Sitkom atau Sinetron Komedi yang berjudul Camera Cafe pernah ditayangkan di Metro TV.

Lupa-lupa ingat. Oleh karena itu aku coba cari artikel yang berhubungan dengan Camera Cafe.


Camera Cafe hanya mengandalkan satu kamera statis, sehingga terbentuklah sitkom yang ringan dan menarik. Dengan menggunakan kamera statis dengan sudut pengambilan gambar hanya dari depan atau dari arah pemirsa. Seluruh pemain dalam sitkom ini pun menghadap lurus ke arah kamera yang diandaikan berada di atas mesin kopi (coffee machine).

Kamera statis ini seolah mewakili mata pemirsa yang merekam semua adegan di depannya. Setting sitkom ini juga minimalis. Hanya sebuah ruang istirahat di depan mesin kopi di sebuah kantor. Semua peristiwa berpusat di sini ketika karyawan istirahat sejenis sambil menikmati kopi dan berbicang-bincang.

Karena hanya menggunakan satu kamera statis dan setting tunggal, cerita sitkom ini harus kuat, aktornya harus berkarakter, dan pembuatnya harus kreatif dalam mengambil gambar. Jalinan cerita dalam ”Camera Cafe” dibuat sesederhana mungkin.

Meski ceritanya tidak memiliki kedalaman, pembuat ”Camera Cafe” tidak terjebak pada komedi konyol yang hanya memancing tawa dengan mengolok-olok kekurangan fisik orang lain. Durasi sitkom ini cukup pendek. Setiap episode hanya berlangsung selama 3 menit hingga 5 menit, dan ditayangkan tiga kali sehari (pukul 08.55, 14.27, dan 20.55).

Pemain Camera Cafe adalah Andre Taulany yang memerankan sebagai John, pegawai yang dikenal playboy. Selain Andre sebagai John, Camera Cafe juga diisi oleh Harvey (Auie) sang sekretaris, Sulaeman (Fahmi Bo).

Salah satu cuplikan Camera Cafe adalah sebagai berikut :
https://youtu.be/4MbcpIbU47I
 


Sumber :
http://duniatv.blogspot.co.id/2008/10/metro-tv-komedi-di-depan-mesin-kopi.html
http://indonesiatvguide.blogspot.co.id/2008/10/komedi-di-depan-mesin-kopi.html