Tuesday, November 20, 2018

Hukum & Keadilan

Dalam acara ILC malam ini cukup menarik, dimana bang Karni Ilyas menceritakan kisah mengenai hakim Bismar Siregar.

Siapa Bismar Siregar?


Bismar Siregar lahir di Sipirok, Sumatera Utara, 15 September 1928 dan meninggal di Jakarta, 19 April 2012 pada umur 83 tahun, merupakan adalah mantan Hakim agung Mahkamah Agung dan pernau menjadi Hakim Agung periode 1984-2000. Selama hidup beliau dikenal sebagai sosok hakim agung yang progresif.

Bismar Siregar adalah hakim berhati nurani yang lebih mengedepankan hati nurani dalam memutus perkara. Ketegasan Bismar ditunjukkan bahwa dia tidak mau disuap dan tidak bisa dibeli. Sosok Bismar menjadi cermin bagi para hakim karena kebeningan hati nuraninya. Nurani inilah yang selalu menjadi andalan Bismar setiap kali mengambil keputusan, sebab baginya hati nurani tidak bisa diajak berbohong.

Bismar Siregar tak terpasung oleh undang-undang walaupun putusannya dianggap kontroversial. Tak berlebihan bila dikatakan Bismar Siregar adalah pendekar hukum langka yang berani melawan arus demi tegaknya keadilan. Baginya, undang-undang dan hukum hanyalah sarana untuk mencapai keadilan. Semasa menjadi hakim, Bismar kerap melakukan terobosan hukum. Ia pun tak mau diintervensi siapapun dalam mengambil keputusan, termasuk oleh atasannya.

Bismar adalah representasi hakim yang punya watak, yang tak mau terkungkung oleh kekakuan hukum di atas kertas, hakim yang mengutamakan keadilan daripada kepastian hukum.

Seperti kisah saat dia menjadi hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Bismar Siregar membebaskan seorang anak yang menjadi terdakwa kasus pemerkosaan. Bukan sang anak yang salah tapi pengelola bioskop yang membiarkan sang anak menonton film dewasa. 


Sumber :
http://sabrihamri.blogspot.com/2012/03/hakim-lupa-sebagai-wakil-tuhan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bismar_Siregar
https://www.merdeka.com/bismar-siregar/
https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt559d06730db6c/bismar-siregar--hakim-kontroversial-yang-berhati-nuran
https://books.google.co.id/books?id=oZNnDwAAQBAJ&pg=PA92&lpg=PA92&dq=bismar+siregar+%22bioskop%22&source=bl&ots=aycw4KE37_&sig=TIQcqHSx9Ae8vjelTHqDsjRze-s&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjTjZ_3kOPeAhWHPY8KHQkmCKYQ6AEwCXoECAQQAQ#v=onepage&q=bismar%20siregar%20%22bioskop%22&f=false

No comments:

Post a Comment

Related Posts