Thursday, November 1, 2018

November Rain


November Rain adalah lagu rock balada epik yang dirilis oleh Guns N' Roses pada Juni 1992, dengan durasi yang cukup panjang yaitu 8 menit dan 57 detik. Kisah di balik video klip November Rain adalah Axl Rose menikahi pacarnya, Stephanie Seymour.

Dalam pernikahan tersebut anggota band Guns N' Roses hadir. Namun tiba-tiba datang hujan badai sehingga pesta pernikahan menjadi porak poranda. Di akhir cerita Stephanie meninggal sehingga membuat Axl terluka, duduk tersimpuh disamping peti mati menangisi kepergian kekasihnya.

Di balik kisah lagu November Rain terdapat pada lirik "And it's hard to hold a candle, In the cold november rain,", yang bisa diartikan bisa diartikan sulitnya menggenggam cinta bila yang dicintai tak membalasnya. Jadi lagu November Rain merupakan lagu tentang cinta yang tak terbalas.

Lagu November Rain cukup rancak karena terdapat perubahan tempo dan akor yang semakin tinggi di akhir lagu. Konon lagu November Rain versi aslinya berdurasi 25 menit, kemudian disunting menjadi 8 menit 59 detik.

Tidak heran karena konon Axl Rose menulis November Rain pada tahun 1983 sebelum membentuk Guns N’ Roses. Saat Axl menemui piano di hotel atau di tempat lainnya, dia selalu memainkan (November Rain). Namun menurut Axl lagu tersebut belum selesai. Dan seperti yang ditulis sebelumnya bahwa lagu November Rain akhirnya selesai pada tahun 1992.

Akhirnya sah lagu November Rain mejadi potret hati melankolis bintang rock, Axl Rose. Disisi garang cenderung urakan, Axl menyimpan kisah pedihnya cinta yang tertuang lewat lirik melankolis November Rain.

Sekaligus lagu November Rain menjadi potret masa emas Guns N’ Roses, yaitu personel pada waktu itu menampilkan permainan gitar dari Slash dan Izzy Stradlin, iringan bass dari Duff McKagan dan juga Dizzy Reed mengisi keyboard. Dan tentunya jangan lupa ketukan drum oleh Matt Sorum yang memainkan fill drum yang sama tiap 4 bar (tepatnya 23 kali!).

Belum cukup itu saja, konon Axl Rose juga menjadi penata musik handal, dimana aransemen orkestra dikerjakan sendiri memanfaatkan teknologi penghasil suara sintetis via syntesizer.


Sumber :
http://hiburan.metrotvnews.com/read/2014/11/20/321150/november-rain-hujan-air-mata-dari-gnr
https://supermusic.id/supernews/superbuzz/track-november-rain-lebih-dari-sekedar-kisah-melankolis-

Sumber foto :
https://www.deviantart.com/roelworks/art/November-Rain-144620485