Thursday, November 15, 2018

Cacar Air

Chicken pox atau penyakit cacar air sedang melanda di sekolah anakku. Bayangkan dari 38 siswa, yang sudah terjangkiti penyakit cacar ada sejumlah 20 siswa. artiya 53% telah kena wabah cacar air tersebut.

Sebelumnya cacar air pernah melanda anakku, yaitu pada bulan Maret 2015 yang akhirnya harus ada karantina karena Cacar Air.


Penyebab penyakit cacar air adalah virus varicela-zoster dimana virus ini lebih banyak saat musim hujan atau musim semi dan musim dingin. Infeksi pertama kali oleh virus ini menyebabkan cacar air.

Penularan ke orang lain itu akan terus terjadi sampai cacar di tubuh si penderita muncul, kemudian hilang dan kulit bekas-bekas cacarnya mengelupas. Kondisi-kondisi si penderita bisa menularkan ke orang lain itu bisa terjadi dalam kurun waktu 2 minggu.

Penderita cacar air tidak boleh berenang di tempat umum seperti kolam renang, pantai, dll. Hal ini disebabkan karena cacar air sangat menular sehingga jika penderita cacar air berenang bisa menularkan cacar air pada orang lain.


Sumber :
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/cacar-air-105
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1459223/seberapa-besar-cacar-air-bisa-menular
http://www.kerjanya.net/faq/3877-cacar-air.html

Sumber foto :
https://gardenrain.wordpress.com/2009/05/06/chicken-pox-varicella-zoster-virus/