Monday, November 9, 2020

Oring Injector Xenia

Sejak mengganti Fan Belt & Extra Fan Radiator pada sekitar bulan Februari 2020, sering bau aroma bensin yang terkadang menetes di lantai garasi. Bahkan jika parah, aroma bau bensin sampai masuk ke dalam sehingga dalam Kabin Mobil Bau Bensin.

Dua kali ke bengkel yang sama, yaitu di bulan Februari dan Oktober 2020 masih nihil problem dan solusinya. Akhirnya di bulan November 2020 aku pergi ke bengkel yang lain untuk mendapatkan second opinion.

Dari mekanik didapatkan bahwa ada masalah di injektor bahan bakar. Injektor bahan bakar ini berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang mesin. Bahan bakar yang disemprotkan harus dalam jumlah yang sesuai dan harus berbentuk kabut agar mudah terbakar.

Pada injector terdapat oring, yang berupa karet berwarna hitam dengan diameter cukup kecil.

Oring injector adalah karet gasket yang terdapat di bagian ujung injector. Fungsi utama oring injector ini adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran bahan bakar pada injector. Seperti gasket lain pada umumnya, oring injector seiring waktu akan menjadi aus dan rusak. 

Jika oring injector rusak, maka segera lakukan penggantian dengan maksud agar tidak terjadi kebocoran bensin yang dapat membuat boros konsumsi bahan bakar mobil Anda.Oring injector diperiksa hanya jika injector mobil Anda bermasalah atau jika ada kebocoran bensin dari mesin Anda. 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti oring injector:

  • Ada kebocoran bahan bakar di bagian mesin
  • Mobil menjadi susah hidup saat distarter
  • Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros

Oring injector yang rusak lalu menyebabkan kebocoran bensin pada injector, dapat menjadi berbahaya karena bensin yang bocor bisa menimbulkan api jika terkena percikan api. 

Oring 011.7SS00039


Sumber :

https://www.montirpro.com/2018/09/pemeriksaan-injektor-bahan-bakar-toyota.html

https://montir.id/layanan/ganti-oring-injector

No comments:

Post a Comment

Related Posts