Thursday, November 5, 2020

Adab Chatingan

Ada postingan dari akun twitter Perempuan Hijrah di @cewehijrah yang menampilkan thread twitter mengenai "Adab chatingan dengan lawan jenis?" yang dirilis pada jam 5:56 PM tanggal Sep 19, 2020.

Adab chatting alias percakapan digital adalah sebagai berikut:

  1. Jangan kebiasaan chat dengan yg bukan mahrom! Hindari chat jika tidak ada kebutuhan atau tidak penting.
  2. Hindari menggunakan emoticon yg mengandung baper, misal : 😍🥰😘😗😚😋
  3. Isi pesan langsung to the point (jangan banyak basa-basi), pembukaan dan penutupan yg berupa salam sangat dianjurkan.
  4. Jangan melawak atau melucu yg bisa sebabkan ngakak berlebihan. Perempuan haruslah punya sifat rasa malu terhadap lawan jenis.
  5.  Tidak perlu saling menasehati. Diantara ikhwan dengan akhwat untuk menghindari fitnah, lebih baik sampaikan nasihat ke sesamanya. Jika kita menaruh perhatian lebih, maka si lawan jenis akan merasa dirinya dispesialkan dan ini akan membuka pintu setan.
  6. Tidak mengungkit masalah pribadi ditengah bahasan, misalnya : “Maaf tadi habis mandi, seger banget airnya :)”, “maaf baru bales, tadi habis bantu mamah nyapu, ngepel, masak” Jika memang ditanya jawab seperlunya, jangan berlebihan apalagi sampe curhat.
  7. Terakhir jangan chat ditengah malam kecuali keadaan mendesak. Maximal batasi jam 20.00, karna jam-jam malam sebelum tidur, biasanya kita gabut dan kalo chat malah bisa keterusan.

Hati-hati, jangan sampai gara-gara media sosial dengan seperti chatting atau like, dapat menimbulkan emotional affair.


Sumber :

https://twitter.com/cewehijrah/status/1307272442037985282

No comments:

Post a Comment

Related Posts