Wednesday, November 11, 2020

Usia Pakai Ban Mobil

Berdasarkan salah satu sumber, usia ideal ban adalah maksimal 3 tahun, sedangkan sumber lain menyebutkan masa pakai ban maksimal 6 tahun sejak diproduksi. Ban sudah tidak layak pakai meski kembangnya (alur ban) masih tebal namun jika sudah mengeras atau tidak lagi lentur bisa tidak nyaman bahkan berbahaya. Bahkan ada referensi lain yang merekomendasikan pemakaian ban selama enam sampai 10 tahun.

Namun jika mobil digunakan setiap hari dengan rute yang cukup jauh, maka ukuran waktu kuranglah tepat, lebih cocok jika kita memperhatikan kondisi ban dari jarak tempuh, yaitu maksimal jika telah mencapai 40 ribu km.

Atau jika kita temui kondisi ban gundul, baik ban gundul di tengah saja, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus. Maupun ban gundul di bagian tepi sisi luar atau tepi sisi dalam dari telapak ban.

Segera ganti ban, demi keselamatan dan kenyamanan.

Pengalaman pertama ganti ban adalah saat akan Persiapan Mudik agar Mobil Fit. Dan pengalaman ganti ban berikutnya adalah 1 tahun kemudian. Dari 2x ganti ban tersebut aku selalu membeli dan menggunakan ban mobil Bridgestone.

Bridgestone sendiri merupakan salah satu produsen ban mobil terbesar di dunia, memiliki keunggulan dari segi kenyamanan, performa, maupun daya tahan dari produk – produknya. Kualitasnya diakui di kelas International dengan menjadi pemasok nomer satu ajang balap mobil paling bergengsi di dunia yakni Formula 1. 

Dan tipe ban yang aku pilih saat ini adalah Bridgestone TECHNO Tecaz. Kembangan ini atau tipe yang satu ini merupakan tipe pilihan dari Bridgestone yang sengaja diproduksi untuk memenuhi hasrat pemilik kendaraan kecil sampai menengah, yang sangat mengedepankan Safety Performance.

Ban Mobil Bridgestone TECHNO Tecaz merupakan salah satu produk terbaru dari Bridgestone, dimana sebelumnya merupakan Bridgestone Techno 10 yang dahulunya juga sangat laris dipasaran.

Keunggulan Bridgestone Techno Tecaz dari segi Blok Size Combination, yaitu fitur ini berfungsi untuk meminimalisir getaran pada ban, Optimised Sipe Angle and Lug, dengan fitur ini mampu menjaga deformasi ban sekaligus mampu meningkatkan penyaluran air (memecah air), sehingga resiko terjadinya Hydroplaning pada kendaraan bisa lebih diminimalisir, dan Chamfered Edge TECHNO, yang berfungsi memaksimalkan fungsi pengereman ketika sedang berkendara dipermukaan jalan yang basah, sehingga mobil dapat berhenti lebih dari 2 meter lebih pendek dari ban Konvensional tanpa fitur canggih tersebut. 


Sumber :

https://www.kiosban.com/review-lengkap-bridgestone-techno-tecaz/

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/10-ciri-ban-mobil-harus-diganti-ini-tandanya#

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3856127/ganti-ban-pilih-patokan-usia-pakai-atau-kondisi-fisik

https://otomotif.tempo.co/read/1372101/debat-bahayanya-ban-mobil-kedaluwarsa-usia-di-atas-5-tahun/full&view=ok

No comments:

Post a Comment

Related Posts