Friday, November 6, 2020

Cashi Garden

Masa pandemi ini yang mengharuskan kita sering-sering di rumah, maka akhir-akhir ini memunculkan beberapa hobi baru salah satunya adalah berkebun di rumah. Mulai dari berkebun tanaman hias yang cantik, hingga sayuran yang bisa dikonsumsi.

Hal rutin yang perlu kita lakukan di kebun atau taman adalah menanam benih, menyiangi, menyiram, memupuk, dan memanen.

Selain dapat membunuh waktu, hobi tanam menanam juga dapat membuat otak dan mata kita dapat lebih rileks. Hal ini lebih baik daripada membaca media sosial dimana banyak berita-berita yang dapat menimbulkan kepanikan.

Dengan semakin banyak tanaman, maka akan semakin banyak gas rumah kaca yang dapat kita hilangkan dari atmosfer.  Hal ini menjadi semakin baik bagi lingkungan.

Tanaman seperti meniran terbukti klinis memelihara dan memperbaiki imunitas tubuh, yang dapat berkhasiat untuk kekebalan tubuh. Keunggulan toga organik, antara lain murah dan ramah lingkungan karena bebas input kimiawi buatan, sehat untuk manusia dan alam karena bebas residu kimiawi buatan.

Hobi berkebun juga dapat menghemat uang kita. Karena jika dibandingkan, harga yang sama untuk membeli tomat, kita dapat membeli sebungkus benih dan menanam lusinan tomat di sekitar rumah. Ini merupakan laba atas investasi terbaik yang dapat dipertimbangkan.

Salah satu akun instagram untuk benih tersebut adalah Cashi Garden. Ayo, segera mulai hobi menanam, tidak ada kata terlambat untuk hobi berkebun.

Sebuah hadis Rasulullah berpesan agar umatnya gemar menanam sekalipun ia tahu esok akan mati. Dalam sebuah hadis dikatakan

إن قَامَتِ السَّاعَةُ وَفِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لَا تَقُومَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا

Artinya: “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya maka tanamlah.” (HR. Bukhari&Ahmad)


Cashi Garden

No comments:

Post a Comment

Related Posts