Friday, June 18, 2021

Sunat Tanpa Suntik dengan Bius Semprot

Umumnya terdapat 3 jenis khitan atau sunat yang dilakukan. yaitu sunat biasa atau sunat konvensional, sunat laser dan sunat klamp atau smartklamp.

Menurutku metode sunat yang paling aman adalah sunat klamp. Klamp yang dipakai bertipe disposible, satu anak satu klemp. sehingga tidak ada risiko infeksi silang. Metode klamp cukup cepat hanya lima menit dan tidak dijahit.

Sunat tanpa suntik atau needle-free injection merupakan inovasi metode sunat yang dilakukan tanpa memberikan suntikan bius, yaitu metode khitan dengan pemberian biusnya tidak menggunakan jarum suntik, namun dengan cara disemprot. 

Tujuan pemberian suntikan obat bius (anestesi) adalah agar pasien sunat tidak merasakan sakit saat tindakan berlangsung. Namun sebelumnya, penggunaan jarum suntik untuk memberikan obat bius (selain sunatnya itu sendiri) inilah yang kerap menjadi momok bagi mereka yang hendak disunat, terutama anak-anak.

Dokter atau ahli sunat menggunakan alat khusus yaitu: Alat semprot, Injektor  dan Pompa injektor.

Alat semprot ini memiliki pegas berkecepatan tinggi yang menghasilkan tekanan udara. Sehingga dapat membuat obat bius dapat masuk ke dalam pori-pori kulit secara cepat untuk kemudian menuju saraf dorsal. Saraf ini akan dimatikan untuk sementara waktu sehingga sunat tidak terasa sakit.

Kelebihan sunat tanpa suntik, diantaranya adalah 

  1. Tidak sesakit saat dibius menggunakan jarum suntik
  2. Obat bius lebih cepat sampai ke saraf dorsal
  3. Risiko pembuluh darah membengkak lebih kecil


Sumber :

https://www.sehatq.com/artikel/sunat-tanpa-suntik-anestesi-dengan-metode-semprot

No comments:

Post a Comment

Related Posts