Tuesday, June 1, 2021

Cuci AC Mobil

Dikarenakan minggu depan kita sekeluarga hendak keluar kota maka perlu cek kesiapan kendaraan. Salah satunya adalah melakukan service AC mobil rutin agar dapat memberikan kenyamanan. Akan menjadi sangat tidak nyaman jika kondisi jalanan sedang panas-panasnya, lalu AC mobil kurang dingin.


Agar kinerjanya tetap maksimal, AC juga butuh perawatan. Apabila diabaikan begitu saja, maka ada komponen yang pergantiannya lebih cepat dari seharusnya. Dan jangan sampai kejadian udara dalam mobil panas saat perjalanan keluar kota, seperti yang terjadi pada tahun 2018 lalu.

Manfaat melakukan service rutin adalah agar umur dan masa pakai dari bagian AC lebih lama sehingga lebih awet. Dan dengan cek AC secara rutin kita dapat mengetahui kondisi AC dan mengetahui bagian mana yang perlu diganti atau diperbaiki. Sehingga kita akan terhindar dari resiko biaya yang dikeluarkan lebih besar akibat kerusakan yang dialami sudah cukup fatal.

Komponen AC mobil yang perlu dicek secara rutin adalah komponen seperti kompresor, evaporator, valve, kondensor, receiver dryer hingga magnetic clutch. Tahun 2017 lalu, dikarenakan pemasangan kompresor AC mobil tidak benar, sehingga trush bearing longgar dan menimbulkan AC mobil bunyi berisik pada kompresor. 

Umumnya masalah pada AC ialah hembusan angin kecil dan bergemuruh dari kisi-kisi AC. Hal itu disebabkan oleh filter kabin atau evaporator yang kotor. Dan tahun 2016 lalu, evaporator AC mobil-ku pernah diganti karena bocor dan rusak.

Cairan kimia bernama refrigerant atau akrab dikenal dengan sebutan freon pada AC berfungsi sebagai cairan utama pada sistem AC yang dapat mengubah gas melalui evaporator. Freon bisa berkurang bahkan habis sehingga membuat hembusan udara AC hanya berupa angin tanpa ada kesejukan. Salah satu penyebab, yakni adanya kerenggangan dan lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa juga jadi penyebab mengapa freon bocor. 

Kompresor pada AC adalah jantung dari sistem AC. Bagian itulah yang membutuhkan pelumasan. Dan pelumas kompresor harus diganti secara rutin jika tidak ingin kompresor jebol. Karena kompresor bergerak dengan kompresi, dimana didalamnya terdapat piston yang bergerak dengan mengkompresikan. 

Untuk area perkotaan, setidaknya setiap 1 tahun atau 10 ribu km untuk service reguler AC. Sedangkan untuk area pedesaan service AC bisa dilakukan per 20 ribu kilo meter, karena udara di kawasan pedesaan lebih alami dan bersih. Dan jika areanya cukup parah, misalnya area pertambangan, service AC relatif cepat yaitu 3.000 km.

Waktu yang diperlukan untuk service AC cukup lama, misalnya untuk melakukan perawatan evaporator, pembersihan kondensor dan pembersihan blower memakan waktu hingga 2 jam. Karena seluruh komponen harus diturunkan dan dibersihkan dengan lebih detail.



Sumber :
https://www.carmudi.co.id/journal/intip-biaya-servis-ac-mobil/
https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-5316705/jangan-tunggu-gerah-ini-waktu-ideal-servis-ac-mobil
https://otomotif.kompas.com/read/2019/02/25/150200815/perhatikan-waktu-ideal-untuk-servis-ac-mobil
https://garasi.id/artikel/patokan-service-ac-yang-tepat-bagaimana-simak-ini/5a30a2bc73546a01c560dd02

No comments:

Post a Comment

Related Posts