Monday, June 28, 2021

Narcissistic Parents

Narcissistic personality disorder (NPD) adalah kondisi gangguan mental dimana orang tersebut menganggap dirinya lebih penting daripada orang lain, sehingga dia memiliki kebutuhan yang tinggi untuk dipuji, dibanggakan, namun memiliki empati yang rendah terhadap orang lain. 

Narsis dekat dengan Selfies.

Dibalik rasa percaya diri yang begitu tinggi, sebenarnya, narcissist memiliki kepribadian yang rapuh dan mudah runtuh hanya dengan sedikit kritikan, mereka tidak suka jika diminta untuk mengubah sikap dan perilakunya, sekalipun ia tahu bahwa apa yang dilakukannya telah menimbulkan masalah. Daripada refleksi diri, sehingga mereka lebih suka menyalahkan orang lain atas kesalahan yang diperbuatnya.

Orang narsis tidak senang kepada orang yang memiliki perbedaan pendapat dengannya. Oleh karena itu orang yang dekat dengan narcissist sering kali mengikuti apa yang diinginkannya daripada harus berdebat.

Narcissist berbeda dengan percaya diri. 

Orang yang percaya diri memiliki kualitas diri yang dibangun atas dasar keberhasilan dan pencapaian yang telah diraih, keterampilan hidup yang sudah dikuasai, serta prinsip dan norma yang dipegang teguh.

Sedangkan narsisme didasari oleh rasa takut kegagalan atau takut menunjukkan kelemahan diri, perhatian yang ingin ditujukan hanya kepada diri sendiri, dan dorongan yang tidak sehat untuk selalu menjadi yang terbaik.

goodreads.com/book/show/51974941-narcissistic-parents

Ada 1 lagi bentuk narsis yaitu Narcissistic Parenting (NP), yaitu orang tua yang melakukan segala hal terhadap anak-anak, hanya demi image atau reputasi diri sebagai orangtua. Jika anak baik, dia merasa dirinyalah yang berjasa. Sebaliknya, ketika anak buruk, dia merasa sangat gagal menjadi orangtua dan menyalahkan anak, bukan menyalahkan dia sebagai orangtua. Ketika anak berhasil atau sudah dewasa lalu mandiri, maka orangtua dengan kategori narcissistic parents akan merasa tersaingi dan cenderung ingin anak berada di bawah bayang-bayang mereka terus.

Ciri-ciri narcissistic parents adalah :

  • Anak untuk memenuhi ego orangtua
  • Merendahkan kepercayaan diri anak
  • Selalu merasa lebih unggul
  • Berusaha menciptakan image diri namun sayangnya tidak berkualitas dan kadang tidak real


Sumber :

https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/narsistik/

https://mommiesdaily.com/2019/02/12/narcissistic-parenting-dan-dampak-buruknya-terhadap-anak-kita/

No comments:

Post a Comment

Related Posts